Satlantas Tanamkan Tatatertib Lalulintas di  Usia Dini

Terlihat Polanak sangat antusias mengikuti pembelajaran bidang Lalulintas.

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Berbagai upaya yang dilakukan Satlantas Polres Trenggalek dalam menanamkan tata tertib Lalu lintas pada usia dini. Salah satunya taman lalulintas portable.

Meski tampak sederhana, namun manfaat yang didapat cukup banyak. Anak-anak bisa mengetahui secara langsung apa yang harus dilakukan saat berada di jalan raya.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S melalui Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma menuturkan. Ide membuat taman lalulintas portable ini berawal dari keinginan kuat membuat media pembelajaran bidang lalulintas bagi pelajar usia dini. Sehingga anak-anak akan mudah memahami.

“ Meski lahan yang ada sangat terbatas, taman lalulintas portable sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Dari situ kita coba membuat sesuatu yang baru tapi bisa digunakan dimana saja,’’ ucap Ricky, Minggu (25/2).

Dipaparkan, taman laulintas portable ini masih berupa prototipe dan uji coba sehingga masih harus dievaluasi dan kedepan akan lebih disempurnakan lagi.

Disebut portable karena taman lalulintas ini bersifat fleksibel dan mudah dipindahkan kemana saja menyesuaikan dengan lokasi yang akan digunakan.

“ Nantinya akan kita lengkapi dengan media lainnya semisal bunga-bunga segar, Lampu lalintas yang bisa menyala seperti aslinya, mobil-mobilan, bahkan jika perlu kita tambah LCD sebagai perangkat pendukung audio visual,’’ paparnya.

Ricky menambahkan, untuk mengawali taman lalulintas ini berupa portable yang dikemas dari banner yang berukuran besar sekitar 25 meter. Sementara kegiatan di gelar di halaman Mapolres Trenggalek.

Banner tersebut dilengkapi dengan gambar taman dan jalan raya yang melingkar lengkap dengan marka jalan. Selain itu, pada titik-titik tertentu dipasang beraneka macam rambu lalulintas.

“ Dengan demikian anak-anak akan sangat mudah belajar tetang tata tertib berlalulintas, sambil  melintasi rute yang tergambar diatas lembaran banner,’’ pungkas Ricky (suparni)