Peringati Hari Sampah, Dewan Ingatkan Perilaku Ramah Lingkungan di Masyarakat

H Samsul Anam , Ketua DPRD Kab. Trenggalek,

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Peringatan Hari Sampah Nasional (HSN) 2018 di Kabupaten Trenggalek memang tidak digelar kegiatan apapun, namun Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek H Samsul Anam mengajak semua pihak memiliki kesadaran dengan mengubah perilaku yang lebih ramah lingkungan.

Menurut politisi asal PKB ini, problem mendasar namun acapkali disepelekan yakni pengelolaan sampah. Membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat sangat penting. Melalui kegiatan Mengolah, Memanfaatkan dan Menadur ulang sampah, harusnya menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam peningkatan layanan pengelolaan sampah.

“Sebagai tolok ukur pengelolaan samaph di daerah kita pemerintah harus mefasilitasi warga dengan tiga hal itu,” ungkapnya, Minggu, (25/2) di Trenggalek.

Dalam peringatan Hari Sampah nasional ini, pemerintah Kabupaten Trenggalek yang sangat penting dilakukan juga yakni memilah, mengkompos dan mendaur ulang sampah secara berkesinambungan. Pilah, Kompos dan Daur Ulang dan menggalakan pengolah sampah dari sumbernya sehingga memperpanjang umur tempat pembuagan akhir (TPA). Karena sampah terbuang di TPA adalah benar-benar sampah yang tidak dibuat kompos atau didaur ulang.

“Tanggung jawab pengelolaan sampah sejatinya bukan hanya kewajiban pemerintah saja, namun tanggung jawab semua. Jangan segan menegur siapapun yang buang sampah sembarangan dan membakarnya,” tegasnya.(ham)