BMH Jawara Futsal Baznas LAZ

Direktur Pendistribusian Zakat Nasional Baznas, Mohd. Nasir Tajang

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah (BMH) akhirnya menjadi jawara turnamen futsal lembaga amil zakat nasional yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan didukung BNI Syariah.

BMH berhasil mengalahkan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dengan skor 4-3 sehingga IZI cukup puas sebagai juara dua. Sedangkan Tim A Baznas menjadi juara ketiga setelah tim futsal Global Zakat 3-0.

Direktur Pendistribusian Zakat Nasional Baznas, Mohd. Nasir Tajang, mengatakan turnamen

futsal ini digelar masih dalam rangkaian peringatan Milad ke-17 BAZNAS yang diperingati tanggal 27 Januari 2018.

Selain itu, sebagai laga persahabatan dengan lembaga amil zakat (LAZ) nasional, sehingga semakin mengoptimalkan sinergi Baznas dan LAZNAS.

“Alhamdulillah, LAZ Baitul Maal Hidayatullah bisa tampil sebagai juara. Semoga kebersamaan ini akan semakin meningkatkan sinergi dan keakraban Baznas dengan LAZNAS dalam rangka mengoptimalkan koordinasi dan mendorong semangat kebangkitan zakat,” ujar Nasir kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Minggu (25/2/2018).

Ia menambahkan, pihaknya bersama LAZNAS mendukung kerja keras pemerintah dalam menyiapkan olah raga regional Asian Games Agustus mendatang.

“Turnamen futsal ini dalam arti kita ikut memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyakarat,” ungkap Nasir.

Dia menambahkan, pihaknya dan LAZ akan bergandengan tangan dalam menyalurkan dana zakat untuk memberdayakan mustahik, termasuk dalam bidang olahraga. Ini pernah beberapa kali dilakukan dengan menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan turnamen sepak bola dengan peserta anak-anak dan remaja dari asnaf fakir dan miskin.

“Mari kita mengimplementasikan hadis Nabi yang mengajak umat mencintai olahraga seperti berenang dan memanah. Ayo kita memacu sportivitas dan berlomba-lomba dalam kebaikan, seperti diperintahkan Al-Quran, fastabiqul khairat, berlomba-lombalah dalam kebaikan,” tutur Nasir.

Turnamen futsal Baznas dan LAZ ini sendiri diikuti 14 klub futsal yang terdiri dari 2 dari Baznas (Tim A dan Tim B) dan 12 dari LAZ Nasional.

Klub-klub tersebut berasal dari Lazis NU, Lazis Muhammadiyah, Lazis Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Lazis Persatuan Islam (Persis), Lazis BMH, Dompet Dhuafa (DD), Rumah Zakat (RZ), Yatim Mandiri, Rumah Yatim Arrohman, IZI, Daarut Tauhid (DT) Peduli dan LAZ Global Zakat atau yang populer dengan nama ACT.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan rekan-rekan dari LAZ. Semoga kita semakin memantapkan langkah dan bergandengan tangan dalam melayani masyarakat Indonesia, termasuk aparatur sipil negara (ASN) untuk menuaikan zakat,” ujar Nasir. @Rudi