Butuh Layanan Dukcapil Trenggalek, Hubungi Layanan SMS Gateway di 081559595758 dan 085859595758

Plt Bupati Trenggalek, H Moch Nur Arifin sedang berdiskusi layanan gateway di Dinas Dukcapil Trenggalek. (foto: yuli_kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Merespon beragam keluhan masyarakat terkait permasalahan dalam pengurusan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Trenggalek sediakan layanan SMS gateway. Layanan tersebut dimaksudkan agar masyarakat lebih mendapatkan kepastian informasi terkait penerbitan dokumen kependudukan.

Layanan SMS Gateway sendiri telah diluncurkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Trenggalek sejak pertengahan bulan November 2017 lalu. Untuk memanfaatkan SMS gateway tersebut Dinas Dukcapil menyediakan dua nomor layanan yaitu 081559595758 dan  085859595758.

Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifn, saat meninjau Kantor Pelayanan Dinas Dukcapil, Rabu , mengapresiasi terobosan tersebut. Menurutnya hal tersebut sangat membantu bagi masyarakat yang sedang mengurus administrasi kependudukan.

“Ini antrian juga kepastian untuk kapan suratnya jadi, biasanya 200 bisa kita jadikan hari ini, tetapi ya gitu, ini masih ada yang nunggu dari jam 7 sampai sekarang belum jadi karena saya lihat tadi sistemnya juga dari pusat untuk mengirimkan datanya juga sedikit lama. Jadi kalau mereka mau ninggal nantinya atau yang dapat surat keterangan, itu sekarang kita sudah sediakan SMS gateway,” tutur Nur Arifin, Senin, (26/2) di Trenggalek.

Moch Nur Arifin juga meminta bantuan kepada pemakai media sosial agar bisa membantu memberikan informasi apasa saja yang menyangkut pelayanan di pemerintah.

“Nanti ini juga mau saya share di instagram saya, di website Pemkab sehingga masyarakat biar tahu, tolong bantu disebarin nanti, saya minta netizen-netizen bantu disebarin, bantu direpost, jadi biar masyarakat tahu yang sekarang pegang surat keterangan yang berlakunya enam bulan itu biar nggak bolak-balik ke Dukcapil ternyata belum jadi, sekarang kita sediakan SMS gateway,” terangnya.

Kepala Dinas Dukcapil Trenggalek, Ir. Ekanto Malipurbowo, M.M., mengatakan bahwa munculnya inovasi SMS gateway dilatar belakangi oleh kondisi wilayah dan topografi Kabupaten Trenggalek serta jarak yang harus dijangkau oleh masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

“Munculnya inovasi SMS gateway ini karena masyarakat selama ini ditempatkan pada topografi yang begitu membuat rumitnya jangkauan, sehingga tidak perlu bolak-balik, karena bolak-balik ini nanti juga perlu transportasi biaya dan lain-lain,” ungkap Ekanto.

Jadi ini sangat mudah bagi pemohon dalam menerima layanan dari Dukcapil sendiri.

“Sehingga masyarakat kesini pasti jadi, cukup dengan melihat SMS, semua akan terinformasi secara online,” pungkasnya.(ahmad)