Butuh Anggaran 30 Miliar, Jalan Harun Tohir Gresik Akan Diportal

KANALINDONESIA.COM, GRESIK: Ketua DPRD Gresik, H.Abdul Hamid mendukung langkah bupati yang akan memportal Jalan Harun Tohir karena kerusakaan semakin parah. Politisi dari Partai Golkar itu, menyatakan pemortalan jalan tersebut merupakan langkah terakhir. Pasalnya, sampai saat ini belum ada solusi yang tepat.

“Dewan memang sudah lama melakukan sidak. Malahan sebelum saya menjadi Ketua DPRD Gresik tepatnya memimpin Komisi III sudah pernah ngomong. Mumpung kerusakannya tidak semakin parah lebih baik diportal saja,” ujar H.Abdul Hamid kepada wartawan, Senin (26/2/2018) saat jumpa pers kemaren.

Menurut Abdul Hamid, selama tiga tahun lebih solusi untuk memperbaiki jalan kabupaten itu belum ada respon dari pelaku usaha yang memanfaatkan Jalan Harun Tohir untuk aktivitas perdagangan, dan jasa. Padahal, jalan sepanjang 2,5 kilometer tersebut butuh perbaikan secepatnya.

“Kalau diserahkan ke kita semua bagaimana dengan pelaku usaha yang memfaatkan jalan tersebut. Sebab, setiap harinya banyak lalu-lalang kendaraan bertonase berat yang melintas,” paparnya.

Hal yang sama diutarakan Bupati Sambari Halim Radianto. Menurutnya, pemortalan itu bukan semata-mata menghambat pelaku usaha. Sebaliknya, dirinya berdalih menyelamatkan warga mengingat banyak kendaraan berat melintasi jalan tersebut.

“Sekali lagi kami bukan menghambat lho tapi untuk meminimalisir kecelakaan mengingat Jalan Harun Tohir kerusakannya cukup parah,” Jelasnya.

Seperti diberitakan, Jalan Harun Thohir Gresik yang memiliki panjang jalan 2,5 kilometer itu. Perbaikannya membutuhkan anggaran Rp 30 miliar lebih. Pasalnya, agar tidak cepat rusak jalan tersebut akan dicor dengan ketebalan 30 cm. Namun, sampai saat ini perbaikan jalan tersebut masih tarik ulur antara Pemkab Gresik dengan pelaku usaha. (lan)