Serah Terima 24 Pesawat F16 Hibah AS di Lanud Iswahjudi Magetan

KANALINDONESIA.COM, MAGETAN: Setelah melalui 5 tahap pengiriman pesawat tempur F- 16 tipe C dan D hibah dari Amerika Serikat, akhirnya 24 pesawat tempur tersebut hari ini diserah terimakan kepada Panglima TNI di Main Apron lanud Iswahjudi, Magetan, Rabu(28/02/2018).

Serah terima 24 pesawat tempur F- 16 ini dilakukan oleh menteri pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dengan disaksikan oleh perwakilan dari pemerintah Amerika Serikat, melalui Duta besar Amerika Serikat Daniel M.Donovan dan perusahaan pembuat pesawat F- 16. serta dihadiri juga oleh perwakilan dari Kapolri, Kepala staff Angkatan Udara dan Angakatan Laut dan sejumlah pejabat teras TNI- Polri.

Selain pesawat F-16, Menhan rencananya juga akan menambah alutsista udara dengan mendatangkan pesawat heli Apache dan Sukhoi untuk memperkuat pertahanan udara Negara Indonesia.

Menurut Menhan, Ryamizard Ryacudu, penambahan pesawat tempur F- 16 tersebut, sebenarnya masih kurang untuk menjaga pertahanan udara NKRI dari ancaman musuh dilihat dari luasnya Negara Indonesia.

“Kedepan pemerintah berencana untuk mendatangkan pesawat tempur jenis Shukoi dan juga helikopter Apache,” terangnya, Rabu (28/02/2018).

Acara serah terima pesawat tempur F-16 ini berlangsung cukup meriah, diawali dengan atraksi Aerobik udara 9 pesawat tempur F-16 dan penyiraman air ke sejumlah pesawat.

Dijelaskan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjono, penambahan 24 unit pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat ini akan melengkapi 10 unit F-16 tipe A dan B yang sudah dimiliki oleh TNI AU sebelumnya.

“Pesawat F-16 tipe C dan D ini telah di Upgrade setara Block 52, dengan kecanggihan Avionic, dengan persenjataan modern, pesawat ini juga diklaim memiliki kemampuan yang sama dengan pesawat F-16 terbaru yang dimiliki oleh Angkatan Udara Amerika Serikat,”jelasnya.(Choiri)