Dispertanak Jamin Stok Hewan Kurban Aman

stok hewan kurban di pasar bangkalan                                                                        ( foto : Yans/KIcom)

KANALINDONESIA.COM: Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur menjamin stok hewan qorban untuk Idul Adha 1437.H  bahkan lebih dan bisa mengirim keluar dari pulau Madura. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bangkalan, Abdullah Fanani melalui Kasie Kesehatan Masyarakat dan Pengamat Penyakit Hewan (KMP2H)Dispertanak Bangkalan Muh Raswan. Menjelaskan, kebutuhan sapi untuk qur’ban tahun ini (2016) mencukupi atau sekitar 500 ekor. Sementara itu, populasi hasil sensus peternakan terakhir (Agustus 2016) sebanyak 2.500 ekor.

Baca:  Kedatangan Satgas Yonif Mekanis 516/CY Disambut Hangat oleh Masyarakat Kampung Tetop

“Persedian hewan qurban untuk Idul Adha 1437.H di Kabupaten Bangkalan mencukupi,” terang Kasie Kesehatan KMP2H Dispertanak Bangkalan Muh Raswan, Senin, (5/9/2016).

Menurut Raswan, untuk tetap menjaga populasi sapi Madura. Diputuskan sapi Madura  yang boleh di kirim keluar daerah hanya sapi jantan sedangkan sapi betina dilarang dengan maksud  untuk menjaga keaslian sapi Madura. Itu sebabnya sapi dari luar Madura dilarang masuk ke pulau Madura.

“Untuk menjaga keaslian sapi Madura, sapi dari daerah lain dilarang masuk ke pulau Madura,” paparnya.

Sementara itu, untuk melakukan pengontrolan, pengecekan dan mendata jumlah hewan qurban tahun ini. Pihaknya berencana menerjunkan puluhan tim pemantau yang di sebar ke 18 kecamatan yang ada. Termasuk mendatangi para pedagang sapi, tempat penyembelihan hewan qur’ban. Juga memastikan sapi Madura aman di konsumsi, aman dari penyakit menular dan antrak,

Baca:  Dewan: Kebersihan dan Keindahan Pantai Prigi Tingkatkan Kunjungan Wisata

“Sapi Madura aman dikonsumsi, aman dari penyakit menular dan antrak,” pungkasnya.

(Yans).