Diguyur Hujan Sejak Siang, Desa Sundul Di terjang Banjir

KANALINDONESIA.COM, MAGETAN: Hujan lebat sejak siang hingga sore ini, membuat debit air di sungai yang melintasi Desa Sundul tinggi, sehingga mengakibatkan banjir.

Banjir terjadi di sekitar Madrasah Ibtidaiyah Baiturahman, Desa Sundul, Kecamatan Parang dengan ketinggian air sekitar 60 hingga 70 centimeter.

Banjir tersebut diduga karena tanggul yang berada di timur sekolahan kurang dalam, sehingga tidak kuat menahan air yang datang dari arah barat, membuat air meluap hingga masuk ke Madrasah.

“Hujannya deras dan lama, sungai tidak mampu menampung debit air yang cukup tinggi, sehingga masuk ke sekolah kami. Kalau saat ini air masuk sekitar 60 hingga 70 centimeter,”jelas Kushadi, kepala Madrasah Ibtidaiyah Baiturahman Sundul.

Saat ini belum bisa ditaksir kerugian atas kejadian tersebut, namun pihak sekolah bersiaga untuk mengantisipasi  jika air terus naik, untuk segera mengamankan barang- barang milik sekolah.

”Beberapa guru masih siaga di sekolah untuk mengantisipasi jika air terus naik, menyelamatkan barang- barang,”imbuhnya.

Dari pantauan di lapangan, saat ini hujan masih berlangsung, diperkirakan jika tidak segera berhenti banjir akan meluap sampai di timur kali sundul.

” Sungai di belakang rumah kami sudah amber, biasanya yang sering terjadi banjir itu di barat kali, ya di sekitar MI dan sekitarnya, kalau ini nanti tidak segera berhenti, bisa- bisa banjir masuk ke rumah kami, di sebelah timur kali,”tambah Emi warga Timur kali.(Choiri)