Antisipasi Hama, Dinas DTPHP, Muspika dan Babinsa Kalitengah Adakan Semprot Masal

 

Petani di Desa Butungan mengadakan penyemprotan masal, antisipasi hama yang datang. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Mengantisipasi menyebarnya serangan hama, UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Kalitengah menggelar gerakan semprot masal secara serentak. Gerakan yang melibatkan para petani, kelompok tani, jajaran Muspika yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Kasi Trantib sampai anggota Koramil itu menyasar areal pertanian di Desa Butungan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada hari Senin (5/3/2018).

Walaupun desa ini belum terindikasi terdapat serangan hama wereng namun kegiatan ini untuk berjaga-jaga mengantisipasi sebelum terserang hama yang menjadi wabah di lokasi pertanian ini.

“Terjadi hanya di spot-spot kecil. Tapi jangan sampai meluas langsung kita adakan gerakan semprot massal,” ujar Samiaji kepada kanalindonesia.com yang menjadi koordinator kegiatan tersebut.

Sebelum dilakukan penyemprotan, jelas Samiaji, yang juga mejadi Kepala Dusun Butungan itu mengatakan bahwa petani terlebih dahulu diberikan pelatihan singkat tentang aturan pemakaian obat-obatan serta pengaplikasiannya secara benar. UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Kalitengah sendiri telah menyediakan insektisida secara gratis untuk aksi tersebut.

Sementara itu,Satolan, Kasi Trantib Kecamatan Kalitengah yang turut hadir mengatakan kegiatan pendampingan ini perlu dilakukan terhadap para petani sebagai bentuk sosialisasi peringatan dini atau early warning system. Dengan begitu, petani dapat mengantisipasi kemungkinan meluasnya wereng memasuki musim panen secara terpadu dan serentak.

Lebih lanjut dia menambahkan, harapannya semua petugas lapangan di wilayah Kecamatan Kalitengah melakukan antisipasi dengan memanfaatkan sarana prasarana pengendalian organisme pengganggu tanaman, baik dari bantuan pemerintah, kerja sama dengan perusahaan insektisida, maupun stakeholder lainnya.

“Sebab jika tidak segera diantisipasi, hama wereng kalau sudah ada walau sedikit saja, ini bisa meluas kemana-mana ke petak sawah yang lain”, ujar Satolan.

Lahan pertanian seluas 29 hektar menjadi sasaran penyemprotan secara masal kali ini. Petani di Desa Butungan sangat mengapresiasi kegiatan penyemprotan masal yang difasilitasi oleh UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Kalitengah ini untuk mencegah penyebaran wereng. Mereka berharap aksi ini bisa diteruskan secara rutin supaya petani bisa panen padi dengan hasil memuaskan. (omdik/fer)