Diduga Plagiasi Raperda Pendidikan Kabupaten Situbondo, Bupati Jombang Anggap Itu Sumber Inspirasi

Bupati Jombang Nyono Suharli

KANALINDONESIA.COM : Seperti diberitakan sebelumyan bahwa diduga draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penyelenggaraan pendidikan kabupaten jombang hasil jiplak kabupaten lain yakni kabupaten Situbondo. Bahkan sejumlah aktifis penggiat pendidikan dan sejumlah akademisi pendidikan mengecam tindakan yang dilakukan oleh pemkab jombang dalam mengcopy paste raperda dari kabupaten lain yang notabenya kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM) masih dibawah SDM Jombang.

“Saya benar-benar geram dengan tertangkap basahnya aksi plagiat copy-paste-lupa-edit pada naskah Raperda Pendidikan Jombang. Meniru hal baik untuk diterapkan di Jombang merupakan hal terpuji. NAMUN mencontek regulasi pendidikan dari Situbondo itu menghina akal sehat. Bagaimana mungkin Jombang akan mengadopsi kabupaten yang indeks pembangunan manusianya berada di ranking ketiga DARI BAWAH se Jatim pada tahun 2014? Padahal Jombang sendiri posisinya di kelompok menengah. Sekali lagi, ini menghina akal sehat,” ujar Aan Ansori direktur LINK.

Baca:  Bupati Lamongan Launching Aplikasi Jari Pintar

Namun Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko mengakui adanya temuan Raperda Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Jombang yang sebagian isinya plagiat alias jiplak dari Kabupaten Situbondo. Bahkan tak hanya Situbondo, Kabupaten lain juga diadopsi sebagai referensi pembanding, untuk diterapkan di Jombang. Temuan fakta plagiat itu dengan tercantumnya kalimat Kabupaten Situbondo dalam draft yang diajukan ke DPRD Jombang.

“Beberapa daerah menjadi referensi, termasuk Kabupaten Situbondo,ā€™ā€™ ungkap Nyono.

Adanya kesamaan dalam draft merupakan sesuatu hal yang wajar. Bahkan diakuinya ada beberapa Raperda yang hampir sama dengan Kabupaten atau kota lain. Sebab, menurut Nyono, untuk penyusunan Raperda dibutuhkan contoh atau daerah pembanding bagi rancangan draf raperda Jombang.

Baca:  Oknum ASN Mubar Nyambi Kerja Proyek Dana Desa

“Tidak hanya Jombang yang melakukan pembandingan. Tapi daerah lain juga mencari referensi ke kabupaten lain untuk membahas Raperda,” kelitnya.

Seperti ramai diberitakan oleh beberapa media sebelumnya, diketahui bahwa draft raperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan yang diusulkan Pemkab Jombang ke DPRD diketahui hasil jiplakan dari Pemerintah Kabupaten Situbondo. Temuan tersebut dipaparkan fraksi PPP saat paripurna dalam pandangan umum fraksi atas raperda tersebut.(elo)