Warga Keluhkan Urus E-KTP Antre Seharian, Dispendukcapil Tulungagung Salahkan Server Lemot

warga yang mengantre di Dispendukcapil Tulungagung (Foto; putut)

KANALINDONESIA.COM : Program pemerintah untuk melakukan pendataan kependudukan melalui data elektronik nampaknya disambut baik oleh masyarakat. Antusiasme masyarakat dapat dilihat dari banyaknya antrean untuk permohonan pembuatan e-KTP di Dinas Kependudulan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Tulungagung. Namun sayang hal ini tidak dibarengi dengan alat dan sistem pelayanan yang memadai dari pemerintah.

Apalagi menyusul surat edaran himbauan dari Mendagri bahwa pengurusan e-KTP harus berakhir tuntas pada akhir september ini. Hal ini membuat dispendukcapil untuk lebih ekstra dalam bekerja.

Pemandangan ini dapat kita jumpai di kantor Dispendukcapil, pasalnya untuk mengurus permohonan pembuatan e-KTP harus memakan waktu yang cukup lama seharian penuh waktu yang dibutuhkan untuk membuat e-KTP bahkan bisa jadi hingga kantor tutup e-KTP juga belum jadi. Hal ini sangat meresahkan warga yang hendak mengurus e-KTP. Lais (60) salah satu warga tulungagung yang sedang mengurus e-KTP mengeluh, bahwa untuk mengurus e-KTP ini dia harus antre mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00, ini sangat mengganggu aktifitasnya untuk bekerja, meskipun dalam pembuatan e-KTP ini tidak dipungut biaya.

Baca:  Pulang Rapat Bahas BLT, Kakek di Tulungagung ini Dibacok Tetangganya

” memang untuk mengurus semua ini gratis, cuman dengan adanya kepengurusan gratis malah membuat kerjaan saya jadi berantakan, bagaimana tidak wong hanya dengan mengrus e-KTP saja saya harus menunggu sampai 1 hari, padahal saya mengantri sudah dari jam 7 pagi tapi sampai sekarang jam 3 sore belum juga jadi. Kepengurusan di dispendukcapil ini sangat lelet, entah itu lelet di pegawainya atau lelet di alat sarana dan prasarananya cuman yang jelas pengurusan ini sangat lelet, masak server tiap hari trouble.” Keluhnya.(07/09/2016)

Dan untuk menanggapi masalah kenapa untuk mengurus e-KTP saja harus menunggu lama, setelah kami konfirmasi ke salah satu karyawan dispendukcapil yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan “sebetulnya kalo untuk masalah sarana dan prasarana di dispendukcapil ini sudah sangat memadahi, cuman memang kita sering terjadi troubel server internet kita dan itu juga bukan kesalahan kita tp itu memang trouble dari pusat” kelitnya.

Baca:  Cegah Virus Covid 19, Bupati SBB Himbau Masyarakat Tak Panik dan Jaga Kesehatan

Ketika hendak di konfirmasi kepala dinas Dispendukcapil Tulungagung, sedang tidak berada di kantornya saat jam kerja.(put/elo)