Kampanye Stop Narkoba di CFN

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Kampanye stop narkoba dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Trenggalek diajang pamer produk lokal dan kesenian khas Trenggalek , malam ‘Mlaku-mlaku’ atau Car Free Night (CFN) di Alun-alun Trenggalek. Kegitan yang diprakarsai Pemkab Trenggalek  ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya , bazar produk industri kecil, promosi kegiatan Pemkab Trenggalek, aneka kesenian, pemutaran film, penggalangan dana, aneka permainan anak dan berbagai hiburan rakyat lainnya.

Dalam ajang CFN kali ini, BNNK Trenggalek bersinergi bersama Relawan Anti Narkoba, Komunitas Penggiat Anti Narkoba Cemeti Nusantara serta Satgas Anti Narkoba SMKN 2 Trenggalek dengan menampilkan berbagai atraksi kesenian tradisional asli Trenggalek.

Kasi Rehabilitasi berdampingan dengan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) pada BNNK Trenggalek mengkampanyek kepada pengunjung agar warga menambah pengetahuan serta lebih memahami akan bahaya narkoba sehingga pada akhirnya mampu menekan laju prevalensi angka penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Trenggalek.

Kepala Seksi P2M BNNK Trenggalek Djaenul Muttakin mengatakan laju prevalensi penyalaghunaan narkotika di Trenggalek mengalami pasang surut . Hal ini disebabkan masih banyak anak muda dan orang tua yang belum paham jenis barang dan akibat yang ditimbulkan dari pemakaian barang haram tersebut.

“Kita ingin di ajang CFN yang dikunjungi masyarakat luas untuk bisa proaktif mendapatkan ilmu tentang bahaya penyalahgunaan narkoba khususnya di wilayah Trenggalek,” ucapnya, Minggu, (11/3) di Trenggalek.

Anak muda sebagai generasi penerus bangsa, masih kata Djaenul, harus terselamtakan dari pengaruh buruk yang saat ini meluas perdarannya sampai ke daerah pelosok. Mengingat Kabupaten Trenggalek hampir 70 persen penduduknya tinggal didaerah yang geografisnya pegunungan.

“Ini butuh pola tersendiri agar wilayah yang topografi serta geografinya gunung-gunung ini agar mereka tidak mudah terinfiltrasi narkoba,” tandasnya.

Selain itu juga dilaksanakan kampanye stop narkoba melalui pembagian stiker dan leaflet kepada ribuan warga masyarakat yang hadir.(ham)