Hasil Uji Kelayakan, DPR Setujui Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Wakpolri Budi Gunawan ( istimewa)

KANALINDONESIA.COM : Setelah Komisi I DPR selesai menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Komjen Polri Budi Gunawan (BG), akhirnya memutuskan memberikan dan menyetujui Wakapolri itu sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso.

“Setelah uji kelayakan, Komisi I DPR memutuskan memberikan pertimbangan dan menyetujui saudara Budi Gunawan, layak dan patut menjadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Hanya satu inilah keputusan Komisi I DPR RI,” tegas Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Abdul Kharis didampingi Wakil Ketua Komisi I DPR RI yang lain seperti Meutya Hafid, TB Hasanudin, Hanafi Rais, dan Asril Tandjung.

Baca:  Ketua MPR: Demokrasi Harus Wujudkan Kesejahteraan Bersama

Sebelumnya, Budi Gunawan memaparkan visi secara terbuka dan berjanji akan menjadikan BIN lebih professional, integritas, dan obyektif.

Komjen BG sendiri didampingi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso dalam uji kelayakan tersebut. Buwas menyebut Budi Gunawan akan menjadi mitra BNN. “Dia mitra kerja saya nanti. Narkoba itu ada hubungannya dengan BIN untuk menelisik jaringan di seluruh dunia,” kata Buwas.

Selain Buwas, Budi Gunawan juga didampingi beberapa petinggi Polri. Di antaranya adalah Kalemdikpol Komjen Syafruddin, Kabarhakam Komjen Putut Eko Bayuseno, Kadiv Propam Irjen M Iriawan, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli, dan lainnya.

Di sesi pemaparan visi yang terbuka, Budi menyampaikan janjinya untuk mengoptimalisasi BIN. Visinya adalah ‘Optimalisasi peran dan kemampuan menuju Badan Intelijen Negara yang semakin profesional, objektif dan berintegritas guna mendukung sistem keamanan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian’.

Baca:  Pernyataan Sekjen PDIP Terkait Penanganan Serangan Jantung Adian Napitupulu

“Saya akan lakukan program optimalisasi BIN yang semakin profesional, objektif, dan berintegritas yang disingkat PROBIN,” pungkasnya.

ZAL