Peduli Korban Banjir, PPDI Kalitengah Kumpulkan Dana Secara Spontanitas

 

Anggota PPDI Kecamatan Kalitengah dengan kompaknya menyalurkan bantuan untuk korban banjir di kawasan Bengawan Jero. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Banjir yang melanda kawasan Bengawan Jero yang meliputi Wilayah Kecamatan Kalitengah, Turi dan Karangbinangun beberapa hari terakhir mengundang simpati sejumlah pihak, diantaranya Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Kalitengah.

PPDI Kecamatan Kalitengah hari ini, Selasa (13/3/2018) mengadakan kegiatan sosial peduli banjir lewat penggalangang dana dari anggota PPDI Kecamatan Kalitengah dan beberapa dermawan lainnya.

Ketua PPDI Kecamatan Kalitengah, M. Nasir mengatakan, acara peduli terhadap korban banjir terutama di wilayah Kecamatan Kalitengah muncul secara spontanitas melalui group Whatsapp PPDI Kecamatan Kalitengah. Gayung bersambut seluruh anggota langsung merespon usulan tersebut.

“Hanya dalam waktu 4 jam, kami mampu mengumpulkan dana sebesar 13 juta rupiah dari anggota dan donatur lainnya”, kata Nasir.

Dari hasil donasi yang terkumpul tersebut selanjutnya diwujudkan dalam bentuk Mie instan sebanyak 150 kardus dan minyak goreng 200 kg dan barang yang lainnya. Barang-barang tersebut kemudian disalurkan kepada desa-desa yang terkena bencana banjir.

“Bencana tersebut tersebar di 6 desa, akan tetapi ada satu desa yang menjadi prioritas yakni Desa Bojoasri,” kata Nasir.

Sesuai data yang ada di BNPB Kabupaten Lamongan, ada 6 desa yang menjadi tergenang banjir di wilayah Kecamatan Kalitengah yang terdampak dari luapan kali Bengawan Jero ini. Keenam desa tersebut adalah Gambuhan, Blajo, Bojoasri, Tiwet, Somosari dan Jelakcatur.

Seluruh rombongan dalam kegiatan tersebut beserta bantuannya diberangkatkan dari Pendopo Kecamatan Kalitengah menuju Desa Tiwet dengan menggunakan mobil namun sesampai di Desa Tiwet bantuan harus didistribusikan ke beberapa desa dengan menggunakan perahu karena jalan yang sudah tergenang air.

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Kalitengah, Satolan yang turut serta dalam kegiatan tersebut  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada PPDI Kecamatan Kalitengah atas sumbangannya karena masyarakat memang membutuhkan perhatian.

Menurut Satolan, pemulihan dan perhatian terhadap korban bencana terutama bencana banjir di wilayah Bengawan Jero bukan hanya tugas pemerintah saja, namun juga dibutuhkan peran aktif dari organisasi dan perkumpulan yang ada sebagai wujud tanggap akan bencana.(omdik/fer)