Abaikan Putusan Pengadilan, PT ISM Desak Polda Jateng Usut Tuntas Perkara Pidana Hak Cipta Yang Libatkan PT Sun Star Motor Sebagai Terlapor

‌KANALINDONESIA.COM, SEMARANG: Mahkamah Agung RI kembali memenangkan Gugatan Perkara HKI PT Inter Sports Marketing selaku Pemegang Hak Cipta atas Tayangan Piala Dunia Brasi 2014 melawan PT Sun Star Motor. Didalam putusannya Mahkamah Agung RI tingkat Peninjauan Kembali menguatkan Putusan Kasasi MA RI dan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Semarang.

PT Sun Star Motor dalam putusan tersebut dinyatakan secara jelas dan meyakinkan telah melakukan perbuatan melawan hukum pelanggaran hak cipta dan dihukum untuk membayar ganti rugi kepada PT ISM sebesar Rp. 500.000.000,- ( lima ratus juta rupiah).

Setelah kalah, PT Sun Star Motor selaku badan hukum di Indonesia masih juga membandel tidak melaksanakan putusan pengadilan meskipun sudah dilakukan Aanmaning oleh Ketua Pengadilan Negeri Semarang. Tentunya hal ini menjadi cerminan negatif dalam dunia peradilan bagi suatu badan hukum yang tidak mematuhi putusan pengadilan (disobeying a court order).

Atas dasar tersebut PT ISM mendesak laporan pidananya di Polda Jateng terhadap Direktur PT Sun Star Motor sebagai Terlapor untuk ditindak lanjuti secara tuntas setelah sempat tertunda karena masih  menunggu putusan perkara perdata.

Karena Indonesia negara hukum maka sudah seharusnya hukum menjadi panglima dan sudah sepantasnya tidak ada yang kebal hukum entah orang, perseorangan maupun terhadap suatu badan hukum.

Kuasa Hukum PT ISM Wahyu Priyanka SH.MH  menyampaikan keyakinannya bahwa Polda Jateng seharusnya sudah bisa meningkatkan perkara HKI yang dilaporkan Kliennya tersebut ketahap penyidikan dan segera menetapkan Tersangkanya. Mengingat sudah ada contoh – contoh kasus yang ada di Polda NTB yang telah menetapkan status tersangka hingga perkara yang sama yang juga di tangani di Polda DIY yang berakhir dengan putusan inkracht  yang menyatakan bahwa hotel yang dilaporkan klien kami bersalah.(wa)