Ratusan Anak di Lamongan Ikuti Kegiatan Manasik Haji

 

Anak-anak di begitu semangat mengikuti Manasik Haji yang diselenggarakan di halaman Ponpes Nurul Huda Sumberwudi. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Ratusan anak mengikuti pelatihan manasik haji di halaman Pondok Pesantren Nurul Huda Sumberwudi Karanggeneng Lamongan, Jawa Timur, Kamis (15/3/2018). Kegiatan ini dilaksanakan MI Islamiyah dan TK/PAUD Bunga Harapan Sumberwudi merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di Pondok Pesantren Nurul Huda.

“Pelatihan manasik haji bagi anak-anak PAUD,  TK dan MI ini yang melaksanakannya adalah kita dari Lembaga MI Islamiyah dan TK Bunga Harapan,” kata Kepala MI Islamiyah Drs. Ahmadi ditemui kanalindonesia.com di tempat kegiatan saat pelatihan sedang berlangsung.

Ia mengungkapkan peserta pelatihan ini diikuti oleh 304 peserta. Dengan rincian siswa MI Islamiyah berjumlah 204 anak dan yang 100 dari anak-anak TK dan PAUD.

Baca:  Ops Ketupat Semeru 2019, Kapolres Gresik Cek Kesiapan Pos Pam dan Pos Yan  

Manasik tersebut dimulai dari pkl.08.00 WIB dan berakhir siang hari. Anak-anak ini, diberikan praktek manasik haji mulai dari masuk Mudzalifah hingga ke Arafah (finish-red) dengan mengambil air Zam-zam yang terkemas dalam gelas air mineral, disamping itu juga kegiatan manasik haji kecil yang dilakukan TK/PAUD dan MI tersebut.

Tujuan kegiatan ini untuk melatih anak sedini mungkin untuk menggenal rukun Islam yang kelima. Serta menambah wawasan, keberanian atau rasa percaya diri anak-anak. “Kita laksanakan kegiatan ini satu hari saja,” ungkapnya.

Meski hanya satu hari tapi peserta diajarkan semua rangkaian ibadah haji seperti tawaf, rukuf, melempar jumroh hingga meminum air zam-zam. Setiap rangkaian kegiatan disertai dengan doa. “Tapi air yang kita gunakan adalah air mineral,” jelasnya.

Baca:  Lamongan News Bina Siswa Menjadi Jurnalis Muda lewat Pelatihan Jurnalistik Sekolah

Ia menegaskan pelatihan ini merupakan program unggulan di Lembaga Pendidikan yang berada di MI Islamiyah maupun TK Bunga Harapan. Lantaran  lembaga pendidikan ini berada dalam lingkungan pondok pesantren. Sepengetahuannya pelaksanaan pelatihan manasik haji gabungan bagi anak-anak ini yang paling meriah karena menyertakan anak-anak PAUD.

Sebagai pembimbing dari kegiatan ini, panitia kegiatan menghadirkan tenaga pembimbing yang kompeten dari salah satu KBIH dan para guru yang sudah berhaji dan dibantu tenaga pengajar yang lain.

“Harapan kita semoga kegiatan ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi lembaga lain. Sehingga melaksanakan juga kegiatan-kegiatan postif di Karanggeneng dan Lamongan pada umumnya untuk anak-anak. Semoga kedepan kegiatan yang kita laksanakan ini terus meningkat lebih baik lagi,” harapnya.(omdik/fer)

Baca:  Penangkapan Terduga Teroris