istimewa

KARANGANYAR, KANALINDONESIA.COM: Dunia pewayangan berduka dengan kabar meninggalnya seniman dalang wayang kulit legendaris asal Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, Ki Manteb Sudharsono di rumahnya pada usia 72 tahun,  Jumat(02/07/2021) pagi.

Kabar duka tersebut beredar luas di media sosial. Dalang Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia pukul 09.45 WIB, Jumat (2/7/2021).

Kabar duka tersebut disampaikan oleh Sekretaris Paguyuban Dhalang Surakarta (Padhasuka), Ki Sugeng Nugroho.

“Mas Manteb wafat pagi ini. Baru saja saya dikabari oleh Mbak Warti (istri Ki Manteb). Mas Manteb wafat di rumahnya. Ini saya sedang perjalanan ke rumah duka,” ujar Ki Sugeng, Jumat (2/7/2021).

Ki Sugeng belum bisa memberikan informasi lebih jauh mengenai penyebab wafat Ki Manteb maupun rencana pemakamannya.

“Nanti saya kabari lagi informasinya,” ujar Ki Sugeng yang kini menjabat Dekan Fakultas Pertunjukan ISI Surakarta tersebut.

Ki Manteb Soedharsono adalah seorang dalang wayang kulit ternama yang dari Jawa Tengah. Karena keterampilannya dalam memainkan wayang, ia pun dijuluki para penggemarnya sebagai Dalang Setan.

Ia juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Ki Manteb Sudharsono adalah sesepuh dalang gaya Surakarta. Gaya sabetnya yang terkenal hingga dia menjabat julukan ‘dalang setan’ karena kepiawaian dan kecepatan memainkan anak wayang, terutama dalam adegan perang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here