PPK Maduran Sebarkan DPS Ke Sejumlah PPS

Salah satu PPS menempelkan DPS di tempat umum yang dapat diperhatikan masa. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Maduran mulai menyebarkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, Sabtu (24/3/2018). DPS itu disebarkan ke 17 PPS yang ada di Kecamatan Maduran untuk kemudian dipasang ke sejumlah titik strategis.

“Hari ini DPS kami distribusikan ke PPS (Panitia Pemungutan Suara). PPS kemudian menempelkannya ke Balai Desa, Balai RW dan RT, juga tempat strategis lain,” ujar anggota PPK Maduran Emi Widya Sari, Divisi SDM dan Partisipasi masyarakat kepada kanalindonesia.com, Sabtu (24/3/2018).

Pemasangan DPS itu merupakan tahapan untuk meminta tanggapan dari masyarakat pemilih. Tujuannya untuk memastikan apakah nama pemilih sudah masuk dalam DPS. Proses meminta tanggapan dari masyarakat ini hingga 2 April 2018 nanti.

Baca:  Debat Seru Kasus Sengketa Lahan Sekolah (YPI) Sunan Drajat Sugio Dalam Persidangan PN Lamongan, Mana Yang Benar?

“Jadi kepada masyarakat yang berhak memilih, memiliki hak pilih, tolong cermati DPS yang kami pasang. Dan berikan tanggapan, apakah namanya masuk atau tidak,” lanjut Emi.

Lebih lanjut Emi menjelaskan, selama masa pengumuman, pemilih atau anggota keluarga atau pihak yang berkepentingan dapat mengajukan usulan perbaikan mengenai penulisan nama dan atau identitas lainnya yang tercantum dalam DPS kepada PPS. Selain itu, juga dapat memberikan usulan perbaikan berkaitan dengan informasi tentang pemilih kepada PPS.

Tanggapan masyarakat juga dapat berupa informasi jika ada pemilih sudah meninggal dunia, pemilih sudah tidak lagi berdomisili di wilayah desa atau kelurahan, pemilih terdaftar lebih dari satu kali, dan/atau pemilih terdaftar tetapi sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih.

Baca:  Karya FRACTION Siswa MAN 1 Lamongan Juara 1 Terbaik Nasional di BISTIC 2018

“Jika ada usulan perbaikan sampaikan kepada PPS dengan menunjukkan dan menyerahkan fotocopy KTP atau surat keterangan dari pemilih yang informasinya diusulkan untuk diperbaiki, serta mengisi formulir model A1.A-KWK”,  terang Emi.

Jumlah DPS di Kecamatan Maduran dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018,  ditambahkan Emi, sebanyak 28.628 pemilih yang terdaftar di DPS se Kecamatan Maduran yang akan menyalurkan hak pilihannya pada 68 TPS. Jumlah DPS ini masih memungkinkan berubah jika dalam masa perbaikan DPS nanti ada masukan dari masyarakat.

“Hasil perbaikan DPS oleh KPU akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap”, pungkas Emi (omdik/fer)