Isi Waktu Senggang, Perempuan Sumberwudi Buat Kerajinan Tangan

 

Kepala Desa Sumberwudi memarkan hasil karya warganya dari daur ulang sampah. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Puluhan ibu rumah tangga yang tinggal di RT 05/RW 02 Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Minggu (25/3/2018) siang nampak mengerjakan kerajinan tangan dari bahan bekas sisa pembukus minuman yang berbentuk seachet dan gelas yang berbahan dasar dari plastik.

Berdasarkan pantauan kanalindonesia.com, ibu-ibu warga RT tersebut terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dalam membuat kerajinan yang dilaksanakan di salah satu rumah warga. Mulai dari mengambil bahan dari tong-tong sampah, memilah bahan, sampai mempergunakan bahan sesuai dengan kebutuhan.

Thoyyibatus Sholihah (29), salah satu warga yang menjadi inspirator dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini berawal dari persiapan menjelang penilaian LGC di RT 05/RW 02 satu tahun yang lalu. Dalam penilaiannya, lingkungan harus memiliki satu kegiatan yang memanfaatkan dari limbah sampah yang ada di lingkungan tersebut.

Baca:  Tak Terasa, Datang Ramadhan Lagi (3)

Namun, dalam perkembangannya kegiatan tersebut berlanjut guna mengisi waktu kosong dengan. Kegiatan-kegiatan positif. “Sambil mengisi waktu kosong di rumah, bisa membuat berbagai produk kerajinan walaupun belum ada yang dipasarkan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberwudi, M. Syakuri mengatakan, kegiatan ini belum lama berlangsung, dimulai setelah ada LGC. Kemudian dilanjutkan hanya untuk mengisi waktu senggang.

“Selama ini hasil karya ibu-ibu ini belum pernah dipasarkan, mungkin belum menemukan pasar yang tepat. Saya mengharapkan agar ada perhatian pemerintah untuk bisa memberikan peluang pemasaran pada hasil karya seperti ini”, tambah M. Syakuri.(omdik/fer)