Plt Bupati Trenggalek Siapkan Taspen Save untuk Jaminan Hari Tua ASN

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Pemerintah Kabupaten Trenggalek bekerja sama dengan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) menyiapkan program Taspen Save kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Trenggalek. Acara yang dikemas dalam silaturahmi itu dipimpin langsung oleh Plt Bupati Trenggalek sekaligus menyampaian kartu peserta program Taspen seperti  Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM ), dan tentunya jaminan pensiun.

Moch Nur Arifin , Plt Bupati Trenggalek mengatakan Taspen Save adalah program Topup dari Tabungan Hari Tua (THT) yang berfungsi untuk meningkatkan nilai manfaat THT ASN pada saat pensiun dengan nilai iuran minimum Rp 100 Ribu sampai dengan  Rp 2 Juta perbulan yang bersifat perorangan namun polisnya dari  Pemda setempat.

Baca:  Ormas Kota Madiun, Tolak Berdirinya KAMI

“Taspen Save dibayarkan bersamaan pada saat pembayaran pensiun,” ungkapnya, Senin , (26/3) di Trenggalek.

Kerjasama untuk jaminan hari tua bagi ASN tersebut menurutnya masih terus akan dikaji karena program yang bersifat tambahan ini merupakan program  baru yang ditawarkan oleh anak perusahaan PT Taspen (Persero) yaitu Taspen Life.

“Nanti yang mengelola  dalam programnya Taspen Save sebagai program tambahan Tabungan Hari Tua (THT) untuk menjalani masa pensiun yang nantinya dapat memberikan nilai lebih dari manfaat diterima para ASN itu.

“Saat pensiun ditambah dengan perlindungan asuransi tambahan, saat ini pada wilayah Kabupaten Trenggalek telah terdaftar beberapa OPD dalam kepesertaan program Taspen Save,” terangnya.

Diharapkan pula dengan dukungan pemerintah kabupaten dapat menjadi jembatan untuk para Aparatur Sipil Negara lainnya yang berada dibawah naungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek  agar mengikuti program ini demi  meningkatkan kesejahteraan saat pensiun.

Baca:  Puluhan Pedagang Pasar Pon Trenggalek Ngadu ke Dewan

“Ini semua demi kesejahteraan para pegawai pemerintah,” tandasnya.

Dikatakannya PT Taspen merupakan BUMN milik pemerintah yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam upaya mensejahterakan ASN dari mulai masih bekerja sampai masa purna.

“Disadari atau tidak, Taspen telah ikut membantu ASN dalam mengelola perekonomian keluarga mereka,” pungkasnya.

Disimpulkan Moch Nur Arifin, pendirian PT Taspen dengan beberapa produknya seperti PT Taspen Life tidak lain untuk pengembangan tabungan hari tua ASN yang imbasnya untuk peningkatan kesejahteraan ASN ataupun pensiunan ASN.

“PNS golongan III mendapat tabungan hari tua Rp. 85 juta, ditambah dari Taspen Save PNS tersebut mendapatkan manfaat sampai Rp. 125 juta,” pungkasnya.(ham)