Terinspirasi Hilda, Siswa SMK NU 1 Karanggeneng Praktek Seni di Atas Panggung

Siswa SMK NU 1 Karanggeneng yang tampail di panggung pada waktu ujian praktek. (Foto:omdik_kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Menjelang akhir belajar di satu lembaga pendidikan, siswa selalu disibukkan dengan rangkaian kegiatan ujian yang harus dilaksanakan oleh siswa tersebut. Diantara sekolah tersebut adalah SMK NU 1 Karanggeneng Lamongan, Jawa Timur.

SMK NU 1 Karanggeneng Lamongan melaksanakan sebuah agenda pelajaran spektakuler.Menampilkan pentas seni, di atas panggung di Halaman sekolah SMK NU 1 Karanggeneng, Senin (26/3/2018).

Sebanyak 287 siswa dan siswi kelas XII menunjukan kebolehannya dalam kegiatan Ujian Praktek Mata Pelajaran Seni Budaya. Ada berbagai bakat seni ditampilkan seperti: seni tari tradisional, Modern dance, musik akustik, musik modern, nyanyi pop, nyanyi dangdut, Teater tradisional, Pantomim, Teater modern dan monolog.

Baca:  Okta Rosadinata: Jangan Pulang Sebelum Menang

Selain seni pertunjukan ada pula praktek Seni Rupa berupa seni melukis pot dan penghijauan menanam pohon. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jurusan.

SMK NU 1 Karanggeneng memiliki 6 jurusan antara lain Akutansi, Pemasaran, Teknik Komputer Jaringan, Perbankan, Multimedia dan Teknik Kendaraan Ringan.

Waka Kurikulum SMK NU 1 Karanggeneng Besar Handoko mengungkapkan ini merupakan sebuah wadah kreasi bagi siswa – siswi SMK NU 1 Karanggeneng untuk menunjukan bakat seni dari tiap anak.

“Kami harus bisa memberikan ruang kepada siswa-siswi kami untuk bisa menunjukkan bakatnya masing masing. Setelah kesuksesan Hilda Iftahul Ummah kelas XI-MM memberikan inspirasi kakak kelasnya untuk bisa sukses seperti dia”, tambah Besar Handoko

Baca:  Tim Pora Amankan 2 TKA Asal China Tanpa Dokumen Lengkap

Sementara itu Emi Widya Sari, guru Kesenian menuturkan bahwa pagelaran seni pada Ujian Praktek Seni Budaya ini merupakan permintaan dari para siswa.

“Ide ini muncul ketika Hilda pulang dari Jakarta setelah mengikuti audisi menyanyi pada satu stasiun televisi swasta nasional beberapa minggu yang lalu. Anak – anak minta, kalau ujian praktek kesenian ingin panggung, kemudian kami sosialisasikan dan semuanya setuju jadi kami laksanakan,” ungkapnya.

Emi berharap kadepan, kegiatan ini bukan hanya sekedar untuk ujian praktek kelas XII saja, namun juga dapat di manfaatkan sebagai pentas seni tahunan tiap angkatan.

“kita harap ini bukan hanya untuk ujian, kita berecana untuk mengadakan pentas seni dari tiap angkatan untuk akhir tahun dan mengundang seluruh orang tua siswa, menyaksikan pentas seni ini,”paparnya.

Baca:  Uji Beban Dinyatakan Aman, Switch Over Siap Dilakukan

Iapun berharap, kegiatan serupa dapat menular di sekolah – sekolah lain, agar dapat membangkitkan bibit – bibit seniman yang ada di Lamongan khususnya.(omdik/fer)