Bupati Ponorogo Resmi Buka Porkab 5 dan Kejurkab III Panjat Tebing

KANALINDONESIA.COM : Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke-V dan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) III panjat tebing 2016 resmi dibuka Bupati Ponorogo Ipong Mukhlisoni  di halaman pendopo Kabupaten Ponorogo, Jumat (09/09/2016).

Pembukaan Porkab 5 dan Kejurkab 3 panjat tebing ini dihadiri seluruh atlet dan official dari 21 kecamatan di Kabupaten Ponorogo.

Ketua KONI Ponorogo Sugeng Prawoto mengatakan, Porkab yang mempertandinghan 24 cabang olahraga yang terdiri dari 22 cabang olah raga prestasi dan 2 cabang fungsional tersebut akan berlangsung dari 9 September hingga 15 September mendatang.

“Penyelenggaraan Porkab V dan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) III panjat tebing Koni Kabupaten Ponorogo ini dimaksudkan agar olah raga prestasi di Ponorogo dapat tumbuh berkembang dan berprestasi di tingkat regional maupun nasional,”ucap ketua KONI Kabupaten Ponorogo Sugeng Prawoto.

Ditambahkanya,”tujuan diselenggarakanya Porkab V dan Kejurkab III panjat tebing ini adalah untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa khusunya masyarakat ponorogo, melalui kegiatan olah raga berprestasi, menggali atlit-atlit yang memiliki kemampuan dan ketrampilan guna dikembangkan lebih lanjut,”terang Sugeng.

Baca:  Pemerintah Diminta Menolak Diatur OCA Soal Pengurangan Cabor

Porkab dan Kejurkan panjat tebing ini digelar di Gelanggang olah raga (GOR) Singodimedjo, gelanggang olah raga (GOR) bulutangis Batoro Katong, Gedung Cadika, lapangan Seblabur, lapangan SMPN 1, lapangan SMKPGRI 2, wall FPTI Ponorogo(taman kota).

Ada 9 cabang olah raga yang dipertandingkan, meliputi atletik, bola voli, bola basket, bulutangkis, catur, futsal, pencak silat, sepak bola, tenis meja, dan satu kejuaraan kabupaten panjat tebing.

Jumlah atlit dengan batas umur maksimal 16 tahun yang bertanding yaitu 1093 orang, yang terdiri 745 atlet putra dan  347 putri.

Event yang didanai  APBD 2016 Ponorogo melalui dana hibah KONI ini melibatkan 390 oficial dan 1093 atlit tersebut meliputi 144 atlet putra dan  68 putri akan bertanding di cabang olah raga atletik, 42 atlet putra dan 87 atlet putri akan bertanding dalam cabang olah raga bola basket, 175 atlit putra dan 114 putri akan bertanding dalam cabang olah raga bola volly, bulu tangkis 29 putra dan 11 putri, catur 17 putra dan 11 putri, futsal 153 putra, pencak silat 98 putra dan 43 putri, sepak bola 133 putra, tenis meja 22 putra dan 13 putri, panjat tebing 22 putra dan 18 putri.

Baca:  Persaingan Ketat, PB Pertina Tak Mau Muluk-Muluk

“Kami berharap adanya dukungan dari semua pihak agar keolahragaan di Kabupaten Ponorogo bisa lebih baik lagi saat ini dan mendatang. Dengan begitu, olahraga prestasi dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika olahraga di Ponorogo,” ungkap Sugeng.

Sementara Bupati Ponorogo Ipong Mukhlisoni dalam sambutannya mengemukakan bahwa pelaksanaan Porkab ke-5 dan Kejurkab III Panjat Tebing ini merupakan bentuk keseriusan Pengurus KONI Kabupaten Ponorogo dalam upaya untuk merekrut potensi bakat dan upaya untuk lebih meningkatkan prestasi olahraga di daerah.

“Porkab dan Kejurkab Panjat Tebing ini merupakan mata rantai untuk pembinaan prestasi olah raga serta bagian dari proses pematangan para atlit, dimana prestasi tidak mungkin ditempuh dengan jalan singkat, akan tetapi harus melalui jalan pembinaan yang sistematis, berjenjang dan berkelanjutan. Sehingga pemerintah daerah memiliki kewajiban memfasilitasi lahirnya para atlit yang mampu tampil secara prima dan sportif yang nantinya mampu mengharumkan nama Ponorogo baik di tingkat provinsi maupun nasioanal,” tukas Ipong.

Baca:  Pangdam Iskandar Muda Bimbing Langsung Petembak Persiapan Tontangkas

Ia berharap, Porkab ke 5 dan Kejurkab III Panjat Tebing ini menjadi momentum kebangkitan olah raga di Ponorogo dan mampu mencetak, mengukir prestasi para atlit daerah yang selanjutnya bisa berprestasi ditingkat nasional dan internasional.(AD)