Mulai Tahun Ini, Beras Rastra di Sumenep Langsung Diantar ke Penerima

KANALINDONESIA.COM, SUMENEP: Penerima beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai tahun ini tidak perlu mengambil bantuan tersebut ke balai desa. Melainkan akan diantarkan oleh petugas pendistribusian ke rumah keluarga penerima manfaat (KPM).

“Tujuannya agar tidak memberatkan masyarakat untuk mendapatkan Rastra. Apalagi tahun ini rastra gratis,” kata Suharjono, Kasubbag Sarana Perekonomian Setkab Sumenep, melalui telpon genggamnya, Jumat (30/3/2018).

Menurutnya, pendistribusian dengan cara tersebut sudah dilakukan mulai tahun lalu. Namun saat ini akan lebih di maksimalkan.

Sementara besaran bantuan transportasi yang dikucurkan ke setiap wilayah menyesuaikan dengan jarak geografis setiap desa. Baik desa yang berada di kecamatan daratan ataupun di wilayah kepulauan.

Baca:  Kapolres Trenggalek : Kebocoran Arus Listrik Sebabkan Kebakaran Pasar Pon

Hanya saja, rincian belanja transportasi tersebut Suharjono enggan membeberkan secara rinci. “Berkisar antara Rp90 ribu sampai Rp200 ribu,” terangnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumenep memiliki 334 desa atau kelurahan. Sementara sesuai data, pagu rastra yang akan dikucurkan mencapai 1.280 ton dengan jumlah KPM 128.016.

“Sebagai sampel saja, untuk desa daratan termudah (aksesnya), itu bantuan transportnya 90 ribu per kilogram,” tukasnya.(ziad)