Menjelang UNBK, Siswa di Trengalek Berlomba Gelar Try Out

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Meski Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masih 1 bulan lagi, SMPN 1 Trenggalek sudah siap menghadapinya, dengan menggelar Try Out.

Terhitung Rabu (28/03) sampai Kamis (29/03), SMPN 1 Trenggalek mulai melaksanakan try out seluruh siswa kelas IX di sekolah tersebut. Drs Imam Asrori, Kepala SMPN 1 Trenggalek mengatakan,sebanyak 292 siswa di sekolahnya itu bersiap mengikuti UNBK tahun ini,

” Jumlah siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 292 siswa, “ ujarnya.

Sementara try out kali ini dilaksanakan  oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Trenggalek bekerja sama dengan penerbit Airlangga sebagai penyelenggara.

“Kita seragam bersama sekolah yang lain yang tergabung di MKKS SMP dalam penyelenggaraan try out ini,” terangnya.

Baca:  Muh Yani: Kasus OTT PTSL Desa Ngunut Bukti Kejari Ponorogo Ceroboh dan Terburu-Buru

Try out hari pertama adalah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hingga tiga hari ke depan, seluruh siswa akan mengikuti try out dengan mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK, yakni Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Matematika. Kata Imam, dalam satu hari, siswa yang mengikuti try out dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama mulai pukul 10.00-11.30 wib, kemudian sesi kedua mulai pukul 12.00 sampai 13.30 wi.

 

“Waktunya memang tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa tetap bisa fokus menyimak setiap pelajaran yang diberikan masing-masing guru,”imbuhnya.

 

Lebih lanjut Imam menambahkan, try out khusus UNBK akan dilaksanakan beberapa kali hingga menjelang pelaksanaan UNKB pada bulan Apri 2018 mendatang. Bahkan, pada saat gladi resik menjelang pelaksanaan Unas Online, SMPN 1 Trenggalek masih melakukan try out.

Baca:  Konsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Terbakarnya Pasar Kedungpring

 

“Namanya ujian online, jadi kita jaga bagaimana jaringan komputer tetap baik, tidak ada gangguan server ataupun virus yang bisa merusak komputer,”pungkasnya.

SMPN 1 Karangan Akui Jauh Lebih Siap

SMP Negeri 1 Karangan Trenggalek telah siap melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) secara mandiri pada 23-26 April mendatang.

 

Saat ditemui di kantornya, Kamis (29/03) Jarwoto,Spd selaku kepala sekolah mengatakan, kesiapan dalam menghadapi UNBK tahun ini jauh lebih siap daripada tahun sebelumnya.

” Pihak sekolah telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan pada ujian mendatang, baik terhadap kesiapan siswa maupun fasilitas yang akan digunakan nantinya.

 

Mengenai persiapan siswa, sekolahnya rutin melakukan bimbingan sejak Januari hingga berlangsungnya USBN beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk mengisi kegiatan menjelang UNBK, dalam beberapa minggu ini siswa dibimbing oleh para Guru sekolah ini.

Baca:  DAOP 7 Madiun Bagikan Ratusan Paket Sembako Gratis untuk Masyarakat

 

Adapun siswa yang ikut ujian sebanyak 260 siswa. Jarwoto juga telah mempersiapkan fasilitas yang digunakan nanti, dia telah menyiapkan komputer sebanyak 108 unit termasuk sebagai cadangan serta 4 server dan 1 cadangan.

 

Menurutnya dengan persiapan yang sudah bagus bukan berarti dia akan lengah. Sekolahnya akan tetap siap sedia jika misalnya ada kendala, seperti rusaknya komputer atau server yang mati, kita harus siap,”ungkapnya.(ays/ham)