KPU Lamongan Gandeng Aliansi Perempuan Lamongan Sosialisasikan Pilgub Jatim 2018

 

KPU Lamongan bersama Aliansi Perempuan Lamongan sosialisasikan Pilgub Jatim 2018.Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; KPU Lamongan gelar sosialisasi berbasis komunitas. Kali ini komunitas aliansi perempuan Lamongan (APel) yang menjadi media sosialisasinya. Hampir seratus orang anggota kelompok komunitas perempuan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan ini,  diselenggarakan Jum’at, (30/3/2018) sekitar pukul 14.11 hingga pukul 16.47 wib.

Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali, yang membuka Kegiatan sosialisasi mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi kali ini adalah segmentasi berbasis komunitas. Aliansi perempuan Lamongan (Apel) ini diharapkan antusias dalam menggunakan hak pilihnya.

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh stakeholder terkait yaitu Camat Lamongan Etik Sulistiyowati. Dalam kesempatan tersebut Etik menyatakan kalau dia merasa senang dapat ikut berpatisipasi dalam kegiatan ini. Komunitas perempuan dalam data pemilih dan partisipasi pemilu selalu mendapatkan rangking teratas, ini menunjukkan bahwa perempuan adalah penggerak dalam setiap dekade penyelenggaraan pemilu.

“Perempuan juga memiliki hak yang sama dan justru sangat diperhatikan dalam sudut pandang apapun, hingga syarat 30% itu juga diatur di UU. Harus kita tunjukkan bahwa komunitas perempuan adalah segmentasi terpenting”, pungkasnya disambut tempuk tangan dari audiens.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh PPK dan Panwascam Lamongan, Ketua Panwaslu Kabupatan Lamongan Toni Wijaya yang juga menyampaikan materi pengawasan penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 serta perwakilan tokoh masyarakat setempat. Materi sosialisasi disampaikan oleh Divisi SDM dan Parmas KPU Lamongan, MH. Fatkhur Rohman.

Fatur menyampaikan secara gamblang materi penyelenggaraan Pilgub Jatim dan diteruskan dengan tanya jawab dan dilanjutkan oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Lamongan, Toni Wijaya menyampaikan dalam materinya juga tentang pengawasan kampanye dan proses pemutakhiran data pemilih.

Sementara itu, Toni Wijaya menuturkan bahwa Pemilih perempuan harus ikut serta dalam pengawasan, karena pengawasan bukan hanya tugas panwaslu saja tapi tanggungjawab masyarakat juga, Panwaslu akan melakukan Rekrutmem pengawas di tiap TPS menjelang Pilgub Jatim, “kalau ingin daftar silahkan, “tuturnya.

Misriatul Hikmah selaku Ketua APel Lamongan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kerjasama antara APel Lamongan dengan KPU sebagai wujud partisipasi dalam mensukseskan Pilgub Jatim mendatang.

“Kami sebagai komunitas perempuan tentunya mendorong agar partisipasi pemilih mendatang meningkat. Komunitas perempuan juga melakukan pendidikan politik,transformasi informasi tentang penyelengaraan pemilu, melakukan gerakan sadar memilih dan mendorong agar perempuan di Kabupaten Lamongan menghunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang”, pungkas Misriatul.(omdik/fer)