KPU Lamongan Sosialisasikan Pilgub Jatim Ke Kaum Disabilitas

LAMONGAN; Hampir sekitar seratusan orang dalam Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia-PPDI Cabang Lamongan hadir dalam sosialisasi penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 oleh KPU Kabupaten Lamongan yang diselenggarakan diaula gedung pertemuan Balai Desa Kebet Kecamatan Lamongan.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekcam Lamongan Teguh yang mewakili Camat karena ada kegiatan Pelantikan PAW Anggota DPR Kabupaten Lamongan dan Sidang Paripurna Istimewa DPRD.

Kepala Desa Kebet, Tri Subiantoro, menyampaikan dalam sambutannya bahwa kami selaku pemerintah desa sangat terharu, bangga serta senang kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Lamongan diselenggarakan di tempat kami.

Komunitas Disabilitas yang hadir ini merupakan berkah tersendiri bagi kami karena berkenan hadir semua walau tempat balai desa kami kurang memadai. Harapan kami selaku masyarakat Lamongan kegiatan semacam ini harus selalu dilakukan oleh KPU Lamongan terjun ke desa langsung agar partisipasi pemilih bisa meningkat, pungkas Kepala Desa yang ramah senyum ini.

Sementara itu Nursalam selaku Anggota KPU Lamongan Divisi Teknis menyampaikan sambutan pembukaan kegiatan mewakili Ketua KPU Imam Ghozali yang menghadiri acara Pelantikan PAW Anggota DPRD Kabupaten Lamongan menuturkan, kegiatan ini adalah upaya KPU Lamongan untuk menyampaikan tahapan Pilgub Jatim kepada berbagai komunitas, beberapa waktu lalu dengan komunitas Punk dan Metal serta Aliansi Perempuan Lamongan. Hari ini bersama komunitas Disabilitas.

Baca:  Menandai Ulang Tahunnya, Partai Demokrat Magetan Bangun Gedung Baru

Kedepan KPU Lamongan juga merencanakan kegiatan sosialisasi dengan teman-teman wartawan, pelajar dan mahasiswa serta segmentasi pemilih di Kabupaten Lamongan. Harapannya masyarakat dapat mengikuti setiap tahapan pemilu dan aktif serta dapat hadir saat pemungutan suara di TPS kelak.

“Saya mewakili Ketua KPU Lamongan menyampaikan ucapan terima kasih karena kegiatan ini tentunya menginspirasi komunitas lain untuk bersama-sama mensukseskan Pilgub Jatim tahun 2018 ini”, terang Nursalam.

Kegiatan penyampaian materi juga dikupas tuntas oleh MH.Fatkhur Rohman selaku Divisi SDM dan Parmas yang diteruskan dengan tanya jawab oleh peserta. Yati yang merupakan anggota PPDI Cabang Lamongan ini menuturkan bahwa, harapannya KPU dapat memberikan akses yang lebih kepada penyandang disabilitas seperti kami ini.

Baca:  Tahanan Napi Narkoba Tewas di Dalam Sel Lapas Lamongan

Akses kemudahan ketika mereka hadir di TPS karena mereka memakai kursi roda, begitu juga untuk tuna netra, tuna daksa dan grahita. Kami senang kegiatan ini adalah wujud kepedulian KPU Lamongan kepada mereka setiap event yang dibuat oleh KPU mereka juga selalu diundang.

“oh iya, kami berkomitmen untuk hadir ke TPS nantinya, kami juga siap getok tular kepada komunitas kami tentang pelaksanaan pilgub 27 Juni  2018 mendatang. Kami siap sukseskan Pilgub Jatim dengan datang untuk nyoblos di TPS desa kami nantinya”,paparnya.

Kegiatan ini tampak meriah dengan penampilan anggota PPDI dari Tuna Netra, difabel dan lainnya yang alat musiknya adalah milik komunitas disabilitas ini. Ali Sodikin selaku Ketua PPDI Cabang Lamongan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh KPU Lamongan. Ali menyampaikan bahwa, hubungan PPDI dengan KPU Lamongan selama ini sangat baik, PPDI selalu diundang setiap kegiatan yang dilakukan oleh KPU.

Baca:  Produksi Ikan Asin

“Kami juga bekerjasama dalam kegiatan sosialisasi, contohnya hari ini. Kami sangat berterimakasih karena kami diperhatikan, harapan kami kelompok masyarakat disabilitas terfasilitasi dengan baik saat menggunakan hak pilihnya di TPS”, terang Ali.

Mereka sangat senang kegiatan ini, kami juga dapat berkumpul dengan anggota disabilitas yang lainnya yang tersebar diwilayah Kabupaten Lamongan. Ini juga jauh jauh bisa hadir ke acara ini, ada yang dari Paciran, Mantup, Laren, Maduran, Ngimbang, Sugio, Modo, Bluluk dan kecamatan lain.

 

“Ini wujud perhatian mereka bahwa PPDI memiliki komitmen yang sama untuk mensukseskan Pilgub Jatim”, pungkasnya.

 

Kegiatan ini laksanakan mulai pukul 09.17 hingga selesai pada pukul 12.47 wib yang juga diselingi dengan hiburan penampilan dari anggota PPDI Cabang Lamongan.(omdik/fer)