Ratusan Siswa SMAN 2 Bangkalan Ikut UAS BN 2018

KANALINDONESIA.COM, BANGKALAN: Sebanyak 377 siswa SMAN 2 Bangkalan Kabupaten Bangkalan Jatim ikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UAS BN) Tahun Ajaran 2017/2018 selam15 hari. Tepatnya dari tanggal 16 Maret – 4 April 2018.

“UAS SMA sekarang beda dengan UAS dulu, karena soal tidak lagi dibuat secara lokal tapi semua berstandar nasional. Artinya semua soal dibuat di pusat melalui Disdik Jatim,” terang Kepala UPTD SMAN 2 Bangkalan, Abdus Syakur, Senin, (2/4/2018).

Saat ditanya soal kesiapan sekolahnya menghadapi UNBK termasuk masalah sarana prasarana (sarpras) terkait dengan persedian komputer pendukung UNBK SMA yang akan digelar dari tanggal 9 -13 April 2018 nanti. Mantan Kepala Sekolah SMAN 3 Bangkalan ini menjelaskan bahwa sekolahnya sudah siap menyelenggarakan UNBK. Karena sebelumnya siswa sudah diberikan try out dan belajar berkelompok khusus membahas soal UNBK dan tehnik menjawab soal.

“Masalah sarpras komputer, sekolah hanya menyediakan 60 umit dari 377 siswa yang ikut UNBK. Kekuranganya bisa diturupi dengan lap top. Sekarang ini siswa kelas XII rata- rata sudah memiliki laptop. Termasuk antisipasi listrik mati, sekolah sudah menyiapkan genset,” kata pak Syakur.

Selain itu, lanjut Syakur dalam hal memantapkan pelaksanaan UNBK 2018 nanti. Besok disekolahnya (SMAN 2 Bangkalan) akan digelar Sosialisasi UNBK SMA . Diikuti para kepala sekolah SMA Dan MA negeri maupun se – Kabupaten Bangkalan.

“Sosialisasi UNBK SMA tersebut dimaksudkan untuk menyatukan persepsi. Agar semuanya seragam dan tidak ditemui kesalahan yang merugikan siswa sebagai peserta UNBK,” pungkas mantan kasek SMAN 1 Kwanyar tersebut. (yans).