Bupati Trenggalek Dipercaya  Menjadi Co-President UCLG

Bupati Trenggalek Emil Dardak bersama dua utusan dari negara lain

KANALINDONESIA.COM ; Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak terpilih menjadi Co-President UCLG (Asosiasi Pemda) Asia Pasific dalam Conggres UCLG ASPAC di Joellabuk-Do Korea Selatan Kamis (8/9/2016) lalu.

Terpilihnya suami Arumi Bachin ini dalam kongres Asosiasi Pemda se-Asia Pacific ke-6 yang diselenggarakan di Korsel 4-8 September 2016 lalu. Untuk itu juga akan menambah kesibukan dia karena dalam dua tahun kedepan, Emil Dardak akan mendampingi Gubernur Jeju Korea Selatan yang terpilih menjadi President Asosiasi UCLG ASPAC ini.

Pesaing berat Emil Dardak adalah walikota di wilayah Metro Manila yang mewakili Asosiasi Pemda Philippines.

Dengan terpilihnya Emil Dardak ini, kita patut bersyukur karena setelah melakukan kampanye, bupati termuda ini berhasil memikat dan mendapatkan kepercayaan dari negara-negara di Asia Tenggara.

Baca:  Presiden Jokowi Ingin Dokumen Perlindungan Buruh Migran Disepakati Tahun Ini

Padahal target awal yang akan dikejar cuma mengamankan kursi di Executive Bureau.

Kursi di Executive Bureau ini maksimal ada 4 kursi di Asia Tenggara. Tidak disangka Emil Elestianto Dardak yang mewakili APKASI malah dinominasikan menjadi salah satu kandidat Co-President, dan berhasil mengamankan kursi Co-President tersebut.

“Pastinya dengan jabatan baru, akan menjadikan kebanggaan tidak hanya masyarakat Trenggalek saja, melainkan juga masyarakat Indonesia,” kata Emil Elestianto Dardak.

Selain itu juga diharapkan jabatan baru Bupati Emil Dardak ini juga membawa perubahan ke arah yang baik untuk Trenggalek, kabupaten yang dipimpinnya. Pasalnya dalam statusnya di salah satu sosial media bupati muda ini mengabarkan, banyak perwakilan dari kota-kota seperti Jepang, Cina dan Asia Selatan serta Indo-Cina mulai menanyakan potensi kerjasama ekonomi dengan Trenggalek.

Baca:  DPO Kasus Begal di Indramayu, Tewas di Persembunyianya di Ponorogo

Untuk diketahui, UCLG Asia Pacific adalah asosiasi pemerintah daerah di wilayah Asia Pasifik. Dahulu, UCLG Aspac embrionya adalah World Mayors Forum. Di Asia Pacific diikuti hampir semua negara, contoh di Asia Tenggara, ada Vietnam, Kamboja, Malaysia, Philippines, Indonesia, di Asia Timur ada Jepang, Cina dan Korea dan di Asia Selatan ada India, Nepal, Bangladesh dan Pakistan.

Program kerja UCLG ini adalah menggalang kekuatan antara pemerintah daerah, karena pembangunan pada esensinya dimotori oleh pemerintah daerah. Sehingga diharapkan dengan bergabung atau bersatu, maka isu-isu yang dihadapi pemerintah daerah bisa dibahas lebih baik lagi, dan diperjuangkan sebagai satu suara kuat untuk mendapat dukungan pemangku kepentingan lain seperti pemerintah pusat, organisasi internasional, dunia usaha dan masyarakat dunia.G. Marmoyo

Baca:  Jelang Puncak KTT IORA, TNI Tingkatkan Pengamanan