Menuju Desa Wisata, Pemdes Mategal Magetan Tanam 1.000 Bunga

KANALINDONESIA.COM, MAGETAN: Geliat masyarakat desa dalam upayanya meningkatkan potensi desa mulai menggeliat. Setelah taman wisata Geni langit, taman wisata desa jabung Desa warna warni candirejo kini Desa Mategal, Kecamatan parang juga membuat Desa wisata.

Acara yang dikemas dalam aksi menanam 1.000 bunga ini bertempat di Sendang widoro, lereng gunung bungkuk sebelah timur, melibatkan  pemerintah desa Mategal bekerjasama dengan karang taruna, siswa sekolah dan beberapa organisasi se kecamatan Parang, organisasi KNPI dan HKTI.

Kepala Desa mategal, Sugiono mengatakan, di Desa mategal ada potensi yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata, yakni Sendang Widoro” sendang ini sudah terkenal sejak lama, biasa dijadikan wisata lokal masyarakat sekitar Mategal, selain itu ada juga produk Tape ketela yang tidak kalah enaknya dengan tape Bondowoso, ada juga dulu anyaman mendong ,”terangnya.

Selain itu, disisi sebelah timur sendang, terdapat juga lokasi perkemahan, dulu pernah di canangkan sebagai tempat perkemahan tingkat kabupaten, ” jika digarap sungguh- sungguh lahan ini bisa di jadikan wisata desa,”tambahnya.

Hal senada diungkapkan Camat parang, Umar said.sendang widoro memiliki kondisi alam yang sejuk, kondisi ini sangat mendukung untuk dikembangkan menjadi obyek wisata desa, menambah pendapatan desa dan meningkatkan perekonomian warga setempat” gerakan menanam 1.000 bunga ini sebagai langkah awal dalam pengembangan sendang widoro menuju Desa wisata, dengan one village one produk, semoga bisa merambah ke desa- desa yang lain,”tegasnya.(Choiri)