Peserta UNBK Sempat Panik, Saat Listrik Padam Sesaat

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Listrik padam sempat mewarnai pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari pertama, Senin (2/4/2018). Kejadian ini kontan saja langsung menimbulkan kepanikan dari siswa yang sedang mengikuti ujian.

Seperti UNBK di SMK NU 1 Karanggeneng  Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Peserta UNBK panik dan kelabakan karena listriknya padam hingga panitia UNBK di sekolah melakukan antisipasi dengan menghidupkan genset.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK NU 1 Karanggeneng, Besar Handoko mengatakan, siswanya sempat panik ketika listrik padam sehingga pihak sekolah terpaksa menggunakan genset.

“Situasi ujian tetap terkendali, walaupun pakai genset. Kami berusaha mengantisipasinya dengan persiapan yang matang,” kata Besar.

Listrik padam di wilayah Simo Sungelebak Karanggeneng, walau hanya 30 menit sejak pukul 11.25 WIB saat peserta sesi kedua sedang mengerjakan soal ujian. Listrik kembali menyala pada pukul 11.55 WIB. Akibat listrik padam, kegiatan UNBK sempat terhenti beberapa menit menunggu mesin genset dinyalahkan.

Menurut Aan Khunaifi salah satu proktor yang bertugas pada UNBK tahun ini mengatakan, walaupun listrik padam tapi jawaban peserta ujian tetap aman karena tersimpan di server, sementara servernya menggunakan UPS.

“Walau listrik sempat padam tadi, namun hasil kerja anak-anak aman. Server akan menyimpan semuanya karena server tetap akan menyala sebab menggunakan UPS, “kata Aan.

Ia menjelaskan, pihak SMK NU 1 Karanggeneng telah melakukan antisipasi ketika listrik padam dengan menyediakan genset. Hanya saja upaya tersebut tidak begitu maksimal karena banyak peralatan harus dimatikan untuk mengurangi daya listrik yang ada.

“Kita pernah melakukan simulasi menggunakan genset sebagai antisipasi listrik padam. Namun upaya tersebut kurang maksimal,” tuturnya.

UNBK di SMK NU 1 Karanggeneng tahun pelajaran 2017/2018 ini diikuti oleh 289 peserta yang terdiri dari 6 jurusan antara lain TKR (teknik Kendaraan Ringan), TKJ (Teknik Komputer Jaringan), Multimedia, Perbankan dan Pemasaran.(omdik/fer)