Demonstrasi Desak Mendagri Kabulkan Permintaan Plt Bupati Lampung Utara

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Ratusan orang mengatasnamakan dari Persaudaraan Mahasiswa Lampung Utara – Jakarta menggelar demonstrasi di Tugu Proklamasi, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Mereka mendesak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo agar mengabulkan permintaan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara Sri Widodo, untuk melakukan roling jabatan di lingkungan pemerintah kabupaten Lampung Utara.

Roling jabatan ini dinilai sebagai langkah yang tepat karena banyak aparatur sipil negara (ASN) memihak pasangan calon di pilkada yang terjadi di Lampung Utara.

“Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak sudah dekat. Sementara netralitas aparatur sipil negara (ASN), sangat diperlukan agar pilkada berlangsung bersih dan damai,” kata Ermawan Putra selaku kordinator aksi.

Ia menjelaskan saat ini diketahui banyak ASN terlibat dalam dukung mendukung pasangan calon (paslon) tertentu.

Sebagaimana diketahui Plt Lampung Utara Sri Widodo menjadi sorotan usai melakukan roling jabatan terhadap ratusan ASN di Pemkab Lampung Utara. Kebijakan tersebut dinilai ganjil, sebab roling hanya bisa dilakukan atas seizin Kementerian Dalam Negeri.

Menyikapi hal ini, Ermawan mengatakan Plt Lampung Utara sudah mengirimkan surat permohonan kepada Kemdagri hingga tiga kali. Surat permohonan tersebut pun sudah ditandatangani oleh 17 anggota DPRD Lampung Utara.

“Mendagri harus mengabulkan permintaan Bapak Plt Bupati Lampung Utara, berdasarkan surat nomor 800/02/II/38-LU/2018, perihal permohonan rekomendasi nomor 800/94/II/38-LU/2018,” ungkap Ermawan. @Rudi