UNBK Hari Pertama SMK di Wilayah Pedesaan Lamongan Lancar

Siswa SMK di wilayah pedesaan Lamongan ketika melaksanakan UNBK hari pertama. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Senin (2/4/2018), merupakan hari pertama pelaksanaan kegiatan ujian Nasional untuk tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Baik di satuan pendidikan SMK milik swasta maupun milik Pemerintah. Relatif berjalan lancar tanpa ada kendala berarti.

Konsentrasi perhatian para pejabat biasanya pada lembaga pendidikan hanya yang berada di kota saja, akan tetapi banyak lembaga pendidikan yang berada di pedesaan yang juga sama-sama melaksanakan UNBK. Sebagaimana hasil pantauan kanalindonesia.com di salah satu SMK di wilayah pedesaan yaitu SMK Idhotun Nasyi’in yang berada di Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan.

Pada UNBK kali ini, SMK Idhotun Nasyi’in Sugihwaras menyediakan satu lab komputer, dengan tiga sesi yang rata-rata untuk 25 sampai dengan 27 peserta ujian tiap sesinya. “Pada hari pertama UNBK kali ini, yakni ujian mapel bahasa Indonesia, alhamdulillah lancar semua. Peserta ada 78 anak. Kita menyediakan satu lab,” kata Kepala SMK Idhotun Nasyi’in, Iswanto.

Dia menuturkan bahwa lancarnya pelaksanaan UNBK ini tak lepas dari persiapan matang yang sudah dilakukan sebelumnya. Tim teknis bahkan sampai harus lembur hingga malam hari guna mempersiapkan segala perangkat untuk UNBK agar tidak mengalami kendala saat digunakan.

Iswanto menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan pada perangkat komputer di lab yang digunakan siswa untuk mengerjakan UNBK, pihaknya telah mempersiapkan beberapa unit laptop. “Laptop ini kita siapkan sebagai cadangan apabila ada komputer yang mengalami krodit,” tuturnya.

Sementara itu, di wilayah lain tepatnya di Desa Tracal Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan,  Jawa Timur,  kanalindonesia.com berhasil menyambangi SMK Darul Hikam. Dilihat dari geografisnya, Desa Tracal merupakan salah satu desa di Wilayah Kecamatan Karanggeneng yang sangat jauh dan paling pinggir semdiri. Jarak tempuh ke pusat kota Kecamatan Karanggeneng lumayan jauh hampir 10 km.

Untuk masuk wilayah tersebut harus melewati jalan yang susah karen jalan rabat beton yang mulai rusak. Jaringan sinyal telpon sering muncul dan tenggelam sehingga menambah prihatin kalau berada disana. Akan tetapi SMK Darul Hikam berusaha keluar dari ketidaknyamanan itu, sehingga sekolah tersebut berusaha memberikan banyak ilmu dan pengetahuan untuk bisa melaksanakan kehidupan dengan memanfaatkan pengetahuan guna bisa beraktivitas di dalam lingkungan tersebut.

Dalam rangka UNBK, SMK Darul Hikam menyiapkan segala sesuatunya agar jangan sampai terjadi masalah dalam pelaksanaan UNBK nantinya mulai hari pertama sampai terakhir.

Hadi Santoso, Wakil Kepala SMK Darul Hikam mengatakan kalau SMK Darul Hikam juga tidak mengalami gangguan yang berarti. Kelancaran pada UNBK hari pertama tersebut diharapkan sampai nanti pada hari terakhir pelaksanaannya.

“Alhamdulillah UNBK hari pertama lancar. Bahkan kami menyediakan genset sebagai persiapan kalau listrik padam. Selain itu server utama di sini juga sudah sinkron sejak Minggu malam,”ungkapnya.

UNBK SMK tahun ajaran 2017/2018 ini berlangsung mulai Senin (2/4/2018) hingga Kamis (5/4/2018) mendatang. Hari pertama (2/4/2018) adalah ujian untuk mapel bahasa Indonesia, yang diselenggarakan dalam tiga sesi. Sesi 1 pukul 07.30-09.30, sesi 2 pukul 10.30-12.30, dan sesi 3 pukul 14.00-16.00.

Hari kedua (3/4/2018), ujian untuk mapel Matematika, kemudian Rabu (4/4/2018) ujian untuk mapel bahasa Inggris, dan Kamis (5/4/2018) ujian untuk Teori Kejuruan. Sedangkan UNBK SMK susulan akan digelar pada Selasa (17/4/2018) hingga Rabu (18/4/2018) mendatang.(omdik/fer).