Harapan Petani, Ketika SBY Datang Untuk Panen Raya di Sungegeneng

Seorang petani disambut hangat oleh SBY saat berada di Lamongan.
Seorang petani disambut hangat oleh SBY saat berada di Lamongan.

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Tumpah ruah masyarakat saat mendengar kedatangan tokoh yang pernah memimpin bangsa ini kedaerahnya. Iringan mobil membelah jalan poros desa yang biasanya lengang dengan lahan pertanian di kanan kirinya membentang. Ratusan anggota kepolisian sudah berjaga-jaga sejak pagi, mulai dari pertigaan Desa Sungelebak Kecamatan Karanggeneng sebagai pintu masuk menuju ke Desa Sungegeneng Kecamatan Sekaran.

Kerinduan masyarakat Lamongan dan Jawa Timur pada umumnya atas kepemimpinan jaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhyono (SBY) terlihat dengan antusiasnya warga melihat rombongan itu melintas menuju tempat acara. Diungkapkan oleh warga Desa Sungegeneng Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur sangat rindu akan gaya kepemimpinan SBY saat menjadi Presiden RI ke 6.

“Pak SBY itu orang kharismatik, tenang gayanya, kalem, gagah dan kalau ngomong itu terasa cocok untuk pemimpin. Kami rindu akan kepemimpinannya,”ungkap Mastur salah satu warga saat hadir kedatangan, Ketua DPP Partai Demokrat, Selasa (3/4/2018).

Mastur menambahkan banyak warga mengaku rindu dengan suasana ketika SBY menjabat sebagai presiden. Ketika itu, kenang Mastur, harga gabah dan pupuk stabil sehingga untungnya dari bercocok tanam cukup besar.

“Kalau dulu harga gabah dan pupuk stabil jadi enak. Tapi sekarang nggak tentu. Kalau kadang naik, kadang turun,” tutur Mastur.

Mantan Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudoyono usai melakukan panen raya padi di lahan milik Askat warga Desa Sungegeneng Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.Panen raya tersebut dilakukan pukul 11.10 WIB di atas lahan seluas 1 hektare.

SBY tidak sendirian, mantan orang nomor satu ini didampingingi, mantan ibu negara Ani Yudoyono, Bupati Lamongan, Fadeli, Ketua DPC Partai Demokrat Lamongan, Deby Kurniawan.

SBY sendiri di Lamongan hadir untuk melakukan panen raya, dan merupakan rangkaian dari kegiatannya selama satu minggu di Jatim. Saat panen raya di Desa Sungegeneng Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan, pria asal Pacitan ini memakai topi caping dan memegang sabit. Tak lama kemudian, padi yang sudah menguning itu langsung dipotong, pertanda memasuki pasar panen.

Sebelum memulai memotong padi, SBY menyapa warga yang datang merangsek ke lokasi di sisi pematang sebelah Barat.

“Bismillah, semoga barokah,” kata SBY, kemudian disambut tepuk tangan serentak warga yang berdiri mengelilingi pematang sawah.

Setelah memotong padi, SBY pun menyalami satu persatu warga yang berjejer di pematang sawah.

Tak ada seremonial di lokasi panen. Usai panen raya, SBY menuju kendaraan dan melanjutkankan ke lokasi acara silaturohim di lapangan Desa Sungegeneng Kecamatan Sekaran.(omdik/fer)