Pemkab Trenggalek Siapkan Rumah Singgah Untuk Keluarga Pasien Kurang Mampu di Malang

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Pemkab Trenggalek Siapkan Rumah Singgah Untuk Keluarga Pasien Kurang Mampu di Malang

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Warga Kabupaten Trenggalek yang sakit dan dirujuk Ke Rumah Sakit Umum Saiful Anwar Kota Malang kini tidak perlu repot mencari penginapan atau rumah singgah sementara jika memang tidaklah mampu kondisinya. Kini pasca satu tahun memiliki  rumah singgah di Kota Surabaya yang berguna jika ada warga berobat  ke RSU dr Sutomo Karang Menjangan Surabaya, kini tak perlu lagi bingung penginapan dan kebutuhan penunjang lain saat mengantar keluarganya berobat ke Malang.

Pemkab Trenggalek menyediakan rumah singgah bagi warganya yang sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit di Malang. Rumah Singgah tersebut berdekatan dengan Rumah Sakit Saiful Anwar atau lebih tepatnya berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 2 Nomer 44 Claket, Kecamatan Lowok Waru, Kota Malang.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto melalui Kabag Humas Pemkab , Triadi Atmoko mengatakan rumah singgah itu demi memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat Trenggalek yang membutuhkan tempat singgah untuk berobat di wilayah Malang,

“Ini kali kedua  Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyediakan Rumah Singgah untuk warga yang berobat ke kota besar seperti Surabaya dan Malang,” ucapnya, Selasa, (3/4/2018) di Trenggalek.

Dikatakannya, selama ini, biaya pengobatan untuk warga miskin sudah ditanggung pemerintah lewat berbagai skema. Seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), fasilitasi Pemkab Trenggalek, maupun BPJS secara umum. Tapi, biaya akomodasi keluarga yang mengantar dan menunggu pasien seringkali jadi kendala. Sebab diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan ini.

“Rumah singgah ini didirikan sebagai solusi membantu warga Trenggalek yang terpaksa dirujuk ke RSU Saiful Anwar Malang,” terangnya.

Meski tak semewah hotel berbintang, di rumah singgah ini ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati. Seperti kamar tidur, toilet, ruang tamu, televisi, dan dapur. Selain itu juga disiapkan petugas khusus untuk membantu menangani kebutuhan warga kurang mampu selama mendampingi anggota keluarganya yang menjadi pasien di Malang.

“Semua fasilitas ini bisa dinikmati gratis bagi warga Trenggalek yang tak mampu,” tandasnya.

Melalui  Triadi berharap, peran Pemkab Trenggalek tersebut bisa membantu meringankan beban warganya ketika menemani keluarganya berobat.

“Semua gratis. Semoga ini membantu meringankan beban warga,” pungkasnya.(ham)

Bagi masyarakat yang membutuhkan Rumah Singgah tersebut bisa datang langsung atau menghubungi nama dan nomor HP tersebut dibawah:

  1. Cak Muk : 085257814417
  2. Ji Boss Ciput : 083848075101
  3. Angga Tri Raharjo : 081335004443