Sidak Toko dan Swalayan di Magetan, Masih Ditemui Produk Ikan Kaleng Mengandung Cacing Dijual

MAGETAN, KANALINDONESIA.COM: Petugas gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Pol PP Magetan, serta UPT Perlindungan Konsumen Kabupaten Kediri menggelar Inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah swalayan dan toko tradisional yang berada di wilayah Kabupaten Magetan, Kamis(05/04/2018).

Sidak ini dilakukan untuk memastikan 27 daftar produk ikan makarel kaleng yang mengandung parasit cacing telah ditarik BPOM dari peredarannya.

Namun dari hasil sidak tersebut, petugas masih menemukan 27 produk ikan makarel kaleng yang tidak boleh diperjualbelikan masih beredar bebas seperti produk ikan kaleng lainya.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Magetan, Kartini petugas tidak melakukan penyitaan atas temuan tersebut.

“Petugas hanya mewajibkan seluruh pemilik toko yang masih menjual 27 produk ikan kaleng makarel untuk menariknya atau tidak diperjualbelikan kembali ke masyarakat,” terangnya, Kamis (05/04/2018)

Seperti diketahui sebelumnya, BPOM Provinsi Jawa Timur sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) daftar 27 produk makanan ikan makarel kaleng yang dinyatakan bermasalah karena diduga mengandung parasit cacing.(Choiri)