Sebanyakn 16 Pelajar MTsN 3 Jombang, Diberangkatkan Ikuti Jambore Internasional di USIM

16 pelajar saat mendapatkan pengarahan dari kepala Kemenag Jombang dan ketua umum yayasan Bahrul Ulum sebelum diberangkatkan ke Malaysia

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG :Enam belas pelajar dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, diberangkatkan untuk mengikuti Jambore Internasional di Malaysia dan study visit di Singapura, yang akan berlangsung pada tanggal 5 sampai dengan 13 April.

Jambore ini merupakan undangan langsung dari University Sains Islamiyah Malaysia (USIM). Dan sekolah ini adalah satu-satunya madrasah tingkat Tsanawiyah atau SMP yang diundang dari Indonesia.

” Kegiatan ini adalah undangan dari USIM, di mana kegiatan dan undangan ini berawal dari tekad kami studi banding di sana 2017 lalu. Kita mendapat respon positif dari USIM dibandingkan sekolah-sekolah yang lain yang pernah berkunjung ke sana. Dan hanya kami satu-satunya madrasah tingkat tsanawiyah yang diundang,” kata M. Syuaib, selaku kepala sekolah MTsN 3 Tambakberas Jombang, saat ditemui sejumlah jurnalis, Kamis (5/4/2018).

Dalam kegiatan tersebut, terdapat beragam jenis lomba yang akan dikompetisikan. Mulai dari budaya dan seni lokal sampai pada lomba yang berkaitan dengan bidang akademik, termasuk penampilan budaya dan seni yang bernuansa pesantren.

” Salah satunya akan menampilkan lagu Yaa Lal Wathan, kita tahu bahwa pesan moral Mbah Wahab Chasbullah sangat luar biasa. Lagu ini nanti dinyanyikan dengan menggunakan bahasa Inggris,” tegasnya.

Sebelum diberangkat, para pelajar ini, mendapatkan arahan dari Ketua Umum Yayasan Bahrul Ulum Tambakberas Jombang KH Wafiyul Ahdi dan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Jombang Abd Haris di halaman Kantor Yayasan Bahrul Ulum Tambakberas.

” Kami sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini karena dengan ini membuat santri berwawasan global atau mendunia,” ungkap Gus Wafi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Kemenag Jombang Abd Haris, pihaknya mengapresiasi jajaran MTsN 3 Jombang yang seringkali mengirimkan siswa dan siswinya di sejumlah kompetisi tingkat internasional, termasuk dalam hal pertukaran budaya dengan sejumlah negara asing.

” Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada MTsN 3 Jombang karena madrasah ini seringkali mengikuti event-event, baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk,” tukasnya.(elo)