Siswa SMAN 1 Paciran Ciptakan Kotak Kemasan Buah Anti Busuk

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM:Terkadang kita dibuat repot apalagi saat bepergian jauh dengan membawa buah tangan berupa buah-buahan. Namun, sekarang tidak lagi bingung jika kita mencoba ide kreatif, tiga siswa SMA Negeri 1 Paciran ini. Mereka menciptakan kotak kemasan buah yang anti rusak dan busuk.

Sepintas, memang kotak kemasan ini adalah mirip wadah jangkrik, tetapi jika diperhatikan seksama kotak persegi panjang tersebut adalah wadah yang aman untuk membawa buah agar tersimpan awet dan tidak rusak. Karya genius ini adalah karya Muhammad Haris Yulianto, Dian Kurnia Hapsari dan Raja Dhymas Alfa.

Jika ingin membuatnya cukup menyediakan bahan-bahan sebagai berikut; yakni bambu iratan tipis, kardus bekas tempat telur dan sekam kulit kelapa. Tiga bahan tersebut dirangkai menjadi satu.

Iratan bambu yang sudah dijadikan kotak persegi panjang diisi dengan kardus bekas tempat telur kemudian buah yang akan dikirim atau dibawa bepergian dimasukkan satu persatu. Setelah penuh terisi,  kotak yang telah diisi dengan sekam atau serabut kelapa baru kemudian kotak ditutup rapat. Dan buah sudah tersimpan rapat dan aman terhindar dari busuk maupun rusak akibat benturan dan tahan banting.

Karya siswa kreatif ini dinamakan Smart And Renewable Bamboo Packaging For Tomatoes, tujuannya agar Tomat atau buah lainnya bisa tersimpan aman dan tidak rusak.

“Keprihatinan kami terhadap pengemasan hortikultura sering menjadi masalah serius. Kami mencoba mencari solusi dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kami, ” kata Muhammad Haris Yulianto.

Karya siswa tersebut membawa nama harum SMA Negeri 1 Paciran dengan menjuarai lomba desain kemasan produk holtikultura di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

“Syukur alhamdulillah, semangat anak-anak untuk sukses cukup tinggi. Sehingga kami dari SMA Negeri 1 Paciran memberikan dorongan agar mereka berhasil dengan cara membimbing dan memotivasi,” Kata H. Mohammad Ikhsan Wakasek Kurikulum Akademik.

Lebih lanjut H. Mohammad Ikhsan mengharapkan agar hasil karya siswa tersebut bisa dikembangkan lebih bagus lagi dan menjadi peluang bisnis baru.(omdik/fer)