Baznas Jalin Kerjasama Dengan Mabes TNI dan Asosiasi Asuransi Bantu Mustahik

Acara penyerahan yang dihadiri seluruh prajurit dan pegawai TNI di wilayah Kepulauan Natuna tersebut, diawali ceramah pembinaan mental (bintal) oleh Kabagbintalroh Pusbintal Kolonel TNI (Caj) Drs. H. Nur Hamdani.

Dalam ceramahnya, Nur Hamdani menjelaskan tentang hikmah zakat dan manfaatnya, baik bagi mustahik di lingkungan keluarga besar TNI, maupun masyarakat sekitarnya.

Selama ini UPZ Baznas-Mabes TNI sudah menyalurkan zakat prajurit yang tidak hanya disalurkan kepada mustahik yang berada di Jakarta. Namun juga di beberapa wilayah Indonesia, seperti Tarakan, Sorong, Makassar, Surabaya, Ranai, serta beberapa tempat lainnya.

Penyaluran dana zakat tersebut, antara lain untuk merenovasi rumah pejuang veteran, sebagimana dilakukan di wilayah Kodam V Brawijaya, santunan biaya hidup untuk veteran, warakawuri dan anak yatim yang ada pada keluarga besar TNI.
Selain itu, untuk pengadaan lampu penerangan di daerah terpencil, renovasi madrasah diniyah dan bantuan mobil ambulan.

Baca:  Presiden Jokowi Dukung KPK Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih

“Menunaikan zakat merupakan perbuatan mulia, karena membawa manfaat bagi sesama. Kemuliaan manusia bukan dinilai dari seberapa banyak harta yang dikumpulkan, namun seberapa banyak harta yang dikeluarkan untuk sesama. Karena sesungguhnya dalam harta kita terdapat hak orang-orang yang membutuhkan. Jadi membayar zakat di samping untuk membersihkan harta, juga merupakan jalan menuju kemuliaan,” jelas Kolinel Nur Hamdani yang juga menjabat Ketua UPZ Baznas-Mabes TNI.