Belasan Laptop Untuk UNBK MTs di Lamongan Digondol Maling

Pihak Kepolisian mengadakan penyelidikan terhadap hilangnya beberapa unit Laptop di sebuah MTs. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Komputer atau laptop menjadi modal utama sekolah untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Namun, nasib malang justru dialami oleh MTs. Al Hikmahyah Desa Gempolmanis Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sebanyak 12 unit laptop hilang jelang pelaksanaan UNBK yang kurang 2 minggu lagi.

Tidak hanya 12 unit laptop saja yang disiapkan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hilang dicuri, tetapi juga 1 unit proyektor dan 3 buah flasdisk. Pelaku diduga masuk ke ruang guru yang menjadi tempat penyimpanana barang-barang tersebut dengan cara mencongkel jendela.

Hilangnya 12 unit laptop, 1 unit proyektor dan 3 buah flasdisk tersebut dibenarkan oleh Madjayin (50) salah satu guru MTs. Al Hikmahyah yang pertama kali mengetahui raibnya barang-barang tersebut. Dia sangat terkejut, sekitar jam 07.30 WIB dia melihat jendela kantor guru terbuka dan ada bekas congkelan serta lemari guru pun terbuka juga terdapat congkelan. Dia juga mengatakan, barang-barang tersebut disimpan didalamnya pun sudah tidak berada ditempatnya lagi. Para pencuri memanfaatkan lembaga pendidikan yang lemah keamanannya.

“Malam Minggu, kebobolan di ruang guru. Ada 12 laptop, 1 Proyektor dan 3 flasdisk serta 1 buah sarung yang diambil dengan cara mencongkel daun jendela dan pintu almari,” kata Madjayinnsaat dikonfirmasi, Minggu (8/4/2018).

Madjayin mengatakan pencurian laptop UNBK baru diketahui pihak MTs pada Minggu pagi sekitar pukul 07.30 WIB. Pihak madrasah pun langsung melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian. Diperkirakan kerugian sebesar 35 Juta rupiah yang dialami oleh MTs tersebut.

Sementara itu, kasus pencurian laptop UNBK saat ini tengah ditangani oleh pihak kepolisian. Lembaga Pendidikan yang bernaung di bawah LP Ma’arif akan berkoordinasi lagi untuk langkah berikutnya agar tidak mengganggu UNBK peserta didiknya.(omdik/fer)