Ribuan Warga Magetan Terancam Golput pada Pilkada Serentak 2018

MAGETAN, KANALINDONESIA.COM: Ribuan warga Magetan bakal terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya atau golput dalam Pilkada serentak mendatang.

Hal tersebut, dikarenakan banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan.

Data Pemilih Sementara (DPS) di kantor KPUD Magetan, tercatat 10.466 warga sudah mempunyai hak pilih, namun belum memiliki KTP eletronik, dari jumlah tersebut sebanyak 2.048 orang belum terdaftar di database Disdukcapil Magetan.

Sementara itu bagi warga yang belum melakukan perekaman dan belum terdaftar di database Disdukcapil dipastikan bakal terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Magetan dan Pilgub Jawa Timur pada bulan Juni 2018 mendatang.

Menurut komisioner KPUD Magetan, Hendrat Subyakto, “apabila mereka tidak segera mengurus administrasi di Disdukcapil dan tidak terdaftar di database kependudukan, mereka akan dicoret dari Daftar Pemilih Tetap (DPT),”ucapnya.

Untuk itu, KPU Magetan menghimbau kepada masyarakat Magetan yang belum melakukan perekaman KTP elektronik untuk segera mengurus administarsinya di Disdukcapil. KPU memberi batas waktu hingga 19 april 2018 sebelum dilakukan penetapan daftar pemilih tetap.(Choiri)