Dindikpora Trenggalek: 79 SMP Telah Siap Gelar UNBK

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada 23-29 April mendatang sudah mendapat kesiapan dari seluruh Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Trenggalek.

Dikonfirmasi terkait kesiapan tersebut, Dinas Pendidikan dan Olah raga (DINDIKPORA) Kabupaten Trenggalek menyatakan beberapa persiapan demi kelancaran pelaksanaan UNBK tahun ini. “Sebanyak 79 SMP baik Negeri dan Swasta telah siap untuk melaksanakan UNBK tahun ini. Jumlah tersebut sudah termasuk yang melakukan UNBK secara mandiri atau menumpang fasilitas komputer di tingkat SMA maupun SMK terdekat,” ucap Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Trenggalek, Maryono, Selasa (10/04).

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan beberapa Kepala Sekolah tingkat SMA atau SMK untuk meminjamkan tempat dalam pelaksanaan UNBK nantinya. Karena tidak kesemua SMP di Kabupaten Trenggalek yang memiliki fasilitas komputer yang memadai untuk peserta UNBK.

“Kami sudah mendiskusikan antara kepala SMP dan SMA atau SMK untuk membantu teman-teman SMP Negeri maupun Swasta yang akan melaksanakan UNBK karena ini termasuk program pemerintah pusat,” jelasnya.

Lebih lanjut Maryono mengatakan, pelaksanaan UNBK yang tinggal minggu ini seluruh SMP yang ada di Kabupaten Trenggalek menyatakan kesiapannya.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, Maryono mengatakan, jumlah sekolah yang mengadakan UNBK terus mengalami peningkatan. Seperti di tahun 2018, hanya ada 1 SMP swasta yang menyelenggarakan UNBK karena masih baru dan siswanya masih kelas VII.

Mengacu pada keputusan dari Pemerintah Pusat, untuk SMP minimal 75 persen yang melaksanaan UNBK. Untuk Trenggalek sendiri, persiapan terus digeber agar bisa memenuhi target itu.

“Sesuaii target kami tahun ini 2018 semua SMP negeri maupun swasta bisa 100 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” tandasnya. ( ays/ham)