Ribuan Orang Mengantar Kyai Kharismatik, KH Kholilurrahman ke Peristirahatan Terakhir

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM: Ribuan masyarakat dari Kabupaten  Bangkalan maupun dari Jawa berbaur menjadi satu untuk mengantar kepergian kyai kharismatik, disegani dan dihormati, KH Kholilurrahman yang akrab disapa Ra Lilur ketempat petistirahatan terakhir di pemakaman KH. Syaichonalil  Cholil, Desa Mertajasah, Kecamatan Lota Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jatim.

“Saya berangkat dari Pamekasan jam 06.00 pagi pak, langsung menuju rumah duka. Kemudian ikut mengantarkan Kyai yang saya kagumi Ra Lilur ke komplek pemakaman KH Syaichona Moh. Cholil,” ujar M. Rifai saat ditemui di sekitar masjid Syaichona Moh. Cholil, Bangkalan, Rabu (11/04/2018).

Beberapa tokoh penting seperti mantan wakil gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf akrab disapa Gus Ipul dan ulama besar dari Jeddah Habib Abdullah bin Muhammad Masyhur bin Toha Al Haddad juga datang dan ikut mengantarkan mendiang Ra Lilur ke pemakaman.

Gus Ipul becerita bila dirinya mengenal Ra Lilur sebagai ulama yang menjauhi kehidupan duniawi, tidak seperti Kiai lainnya Ra Lilur sering menggunakan kaos singlet dan celana pendek meskipun sedang menerima tamu.

“Beliau zuhud yang sengaja meninggalkan kehidupan duniawi dan memilih hidup di daerah terpencil demi mencari ketenangan hidup” pungkad Gus Ipul. (yans)