LGMI Trenggalek Gelar Aksi Bersih Pantai

Sekretaris LGMI DPD tingkat II Kabupaten Trenggalek, Amin Tohari

TRENGGALEK, KANALINDONESIA. COM: Ratusan anggota Lembaga Garuda Muda Indonesia Kabupaten Trenggalek menggelar aksi bersih Pantai di kawasan wisata Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Hal tersebut dilakukan lantaran mereka peduli terhadap kebersihan laut demi menjaga kelestarian alam terlebih kehidupan biota laut.

Banyaknya sampah plastik yang ada di pesisir Pantai dapat berdampak buruk terhadap ekosistem laut. Dari kepedulian remaja pecinta lingkungan yang tergabung dalam LGMI inilah, aneka sampah plastik yang tampak mengotori kawasan wisata Pantai Prigi mulai dibersihkan.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB ini, Menyasar segala macam sampah yang ada di bibir pantai dan sekitarnya.

“Menjaga kelestarian alam dan kebersihannya sudah pasti memiliki jadi tanggung jawab bersama. Salah satu bentuk tanggung jawab demi menjaga kelestarian alam ini yakni dengan melakukan kegiatan Jumat bersih  yang dalam hal ini adalah membersihkan kawasan wisata Pantai Prigi dari berbagai jenis sampah, ” ucap Sekretaris Umum Lembaga Garuda Muda Indonesia DPRD tingkat II Kabupaten Trenggalek, Amin Tohari Jumat (13/04).

Usai melakukan aksi bersih pantai yang menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Trenggalek ini, para peserta juga melakukan serangkaian kegiatan ceremonial yang bertujuan demi menjaga kelestarian alam utamanya kebersihan pantai.

Tak hanya kawasan wisata Pantai Prigi saja yang akan menjadi sasaran aksi bersih Pantai seluruh anggota LGMI. Akan tetapi, dalam waktu dekat pihaknya juga telah merencanakan aksi bersih pantai di kawasan Panggul dan Munjungan.

“Kita akan membangun kesadaran kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar lokasi wisata. Jadi tidak hanya anggota LGMI saja, melainkan seluruh elemen masyarakat bersama stakeholder terkait juga turut menjaga kebersihan lingkungan, ” imbuhnya.

Seperti yang diketahui, permasalahan sampah plastik maupun nonplastik yang sering dijumpai di sepanjang kawasan pesisir Pantai Prigi memang menjadi problem klasik dari dulu.

Sampah ini juga tidak begitu saja muncul di perairan Pantai, melainkan muncul dari hulu dan hilir.

“Alhamdulillah untuk tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan kawasan wisata pantai, sejauh ini sudah sangat bagus. Hanya saja, perlu ditekankan agar tak hanya masyarakat sekitar yang harus menjaga kebersihan pantai, tetapi juga para pengunjung dan Dinas terkait, ” pungkas Amin.

Beberapa stakeholder juga menyatakan kesiapan demi menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan utamanya di kawasan wisata di Kabupaten Trenggalek. (mil/ham)