Ratusan Buruh di Lamongan Demo Dengan Blokade Pintu Pabrik

Blokade jalan yang dilakukan oleh beberapa karyawan PT. Superior Prima Sukses. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Ratusan buruh PT. Superior Prima Sukses di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur berunjuk rasa dengan memblokade pintu masuk perusahaan sebagai protes pemecatan sepihak sejumlah buruh yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Aksi blokade pada hari Jum’at (13/4/2018) membuat aktivitas pabrik yang memproduksi bata ringan ini menjadi terganggu.

Sebagai aksi prihatin pemecatan sepihak oleh pihak perusahaan. Seratusan buruh PT. Superior Prima Sukses yang berada di Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan, Jawa Timur melakukan aksi mogok kerja.

Para buruh juga melakukan aksi blokade pintu masuk perusahaan dengan menutup jalan menggunakan sepeda motor sehingga membuat aktivitas pabrik pembuat bata ringan menjadi terganggu.

Sejumlah anggota Kepolisian dari Polsek setempat berusaha meminta kepada buruh agar menghentikan aksi blokade, namun tetap tidak dipenuhi oleh para buruh.

Aksi blokade dilakukan buruh tersebut dikarenakan pihak perusahaan telah melakukan pemecatan sepihak kepada 3 orang karyawannya yang bernama Edi Suprapto, Arjunanto dan Fathur.

Berdasarkan keterangan Edi Suprapto, salah satu buru yang dipecat oleh perusahaan tersebut, dirinya dipecat karena dituduh telah mengancam pegawai yang menjadi staf perusahaan dan ikut melakukan aksi unjuk rasa beberapa waktu yang lalu. Edi juga menyangkal telah melakukan pengancaman tersebut.

“Kami dianggap mengancam staf perusahaan, padahal tidak ada bukti apa-apa. Mestinya itu dicari dulu mana bukti ancamannya”, kata Edi Suprapto.

Saat ini, pihak kepolisian sedang membantu mediasi antara perwakilan pengunjukrasa dengan managemen perusahaan. Namun, apabila pemecatan sepihak masih tetap dilakukan, pihak buruh akan kembali melakukan aksi unjukrasa dengan massa yang lebih besar.(omdik/fer)