DPR RI Dukung Keberadaan LGMI yang Fokus Peduli Sampah

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: ADPR RI bersiap mendukung keberadaan organisasi masyarakat (Ormas) yang mempunyai kepedulian permasalahan sampah di negara Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak banyaknya ormas maupun Non Governmental Organization (NGO) yang fokus di bidang sampah serta permasalahannya. Bentuk dukungan tersebut menurutnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan , seperti menggandeng mereka dengan  stake holder yang ada di pemerintah maupun dukungan masyarakat itu sendiri.

Hal ini dikatakan Ibnu Multazam, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi Kelautan, Perikanan dan Kehutanan saat mengahadiri aksi bela negara bhakti untuk negeri, Jum’at bersih laut Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, yang digelar ormas Lembaga Garuda Muda Indonesia Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Trenggalek, Jum’at, (14/4/2018).

“ Saya penting menghadiri undangan LGMI ini yang peduli dengan lingkungan baik lingkungan laut dan lingkungan yang di hulunya yakni darat,” ungkapnya.

Dengan alasan , LGMI yang mempunyai peran penting terhadap permasalahan sampah, maka organisasi itu akan diperkuat kelembagaannya dalam meningkatkan peran edukasi kepada masyarakat terutama di titik –titik lokasi pariwisata Kabupaten Trenggalek.

“Peran yang dibawa LGMI sangat signifikan untuk itu kita dorong terutama lingkungan bersih dan sehat di sekitar wisata,” tandasnya.

Menurutnya dukungan dari semua elemen baik organisasi vertikal maupun horisontal diperlukan dalam gerakan pembersihan pantai yang akan bermanfaat bagi keindahan lingkungan wisata serta tentunya mendukung wisata yang sehat.

“Pantai ini cukup indah dan asri , maka itu kita semua bertanggungjawab menjaga serta kelestarian ekosistem  yang diakibatkan lingkungan laut yang bersih,” terangnya.

Aksi bersih laut menurutnya juga termasuk dalam kerangka bela negara yang telah diamanatkan oleh konstitusi negara. Tidak hanya bertumpu pada menjaga keutuhan NKRI saja , tetapi lingkungan yang bersih sebagai menjaga asset negara seperti lautan ini.

“ Aksi bersih laut juga sebagian dari membela negara yang juga jadi tanggungjawab masyarakat di negara ini,” tandasnya.

Mengelola sampah di Kabupaten Trenggalek sangat apresiatif sekali. Banyak regulasi yang telah terbit di kabupaten ini. Mulai dari Perda Kabupaten, kecamatan bahkan regulasi tingkat desa melalui Peraturan Desa (Perdes), namun semua itu harus selalu di sosialisasikan kepada warga.

“ Anak cucu kita harus selalu mendapatkan warisan yang baik dan sejahtera setelah lingkungan ini terjaga,” pungkasnya. (ham)