Panwascam Kalitengah Lantik 20 Panwaslu Desa

Ketua Panwascam Kalitengah mengambil sumpah 20 Panwaslu Desa di wilayahnya. Foto:omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Sebanyak 20 orang Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa secara resmi telah dilantik di Pendopo Kecamatan Kalitengah, Senin (14/4/2018). Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kalitengah, M. Bashoir.

Jumlah Pengawas Pemilu Desa tersebut dilantik sesuai dengan jumlah desa yang ada di Kecamatan Kalitengah. Panwaslu Desa menjadi ujung tombak Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kalitengah, dalam melakukan pengawasan selama tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum yang nanti akan memilih anggota DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten, DPD dan juga memilih Presiden dan Wakil Presiden di tahun 2019.

Menurut Ketua Panwascam Kalitengah, M. Bashoir, Pengawas Pemilu Desa langsung akan melakukan tugas setelah dilantik. Mereka membantu tugas di tingkat Desa. Walaupun masing masing desa memiliki luas yang berbeda, namun fungsi pengawasan harus tetap bisa dilakukan secara optimal.

“Mereka sudah langsung melaksanakan tugas sebagai ujung tombak kami di tingkat Desa setelah dilantik. Nantinya, para Panwaslu Desa ini yang akan membantu tugas Panwascam. Dan kami yakin para Panwaslu Desa ini akan bisa melaksanakan tugas secara maksimal dan optimal dalam melaksanakan pengawasan,” Jelasnya.

Pelantikan Panwaslu Desa yang baru pertama kali dilakukan oleh Panwascam ini juga dihadiri oleh unsur muspika, seperti dari Koramil, Polsek dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Bashoir juga mengatakan kalau pelantikan ini merupakan bentuk kesiapan kita menghadapi pileg dan pilpres 2019. 20 anggota Pengawas Pemilu Desa ini langsung menjalankan tugas pengawasan setelah dilakukan pengucapan sumpah/janji.

Ia juga menegaskan kepada seluruh Panwaslu Desa yang baru saja di lantik agar dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pelantikan Panwaslu Desa ini dilaksanakan berdasarkan peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2017.

Sementara itu Sukardi, anggota Panwascam Kalitengah ketika ditemui kanalindonesia.com mengatakan, dengan pelantikan ini, kami akan semaksimal mungkin mewujudkan pengawasan Pileg maupun Pilpres di seluruh Desa di Kecamatan Kalitengah  yang berintegritas, akuntabel dan profesional.

“Bersama rakyat awasi pemilu, Bersama Bawaslu tegakan keadilan pemilu”, tutup Sukardi.(omdik/fer)