Kelahiran Bayi Harimau Benggala Putih Tambah Koleksi Kebun Binatang Maharani Zoo & Goa Lamongan

    LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: Kabar gembira datang dari Kebun Binatang Maharani Zoo & Goa Lamongan, Jawa Timur. Sepasang indukan Harimau benggala putih bernama Asri dan Dewa resmi menjadi orang tua setelah pada 11 Desember 2017 lalu melahirkan bayi harimau benggala putih bernama Flash.

    Setelah menjalani proses kehamilan selama 111 hari, Asri melahirkan secara normal tanpa adanya bantuan tim medis. Saat ini baik induk dan anaknya berada dalam kondisi sehat.

    Sementara, Menurut Dokter hewan Maharani Zoo & Goa, Drh Laily Purnama, ini merupakan kali pertama harimau yang dibawa dari Kebun binatang Ragunan Jakarta dan Batu Malang itu melahirkan dan selamat.

    Sebelumnya indukan harimau benggala putih ini sempat melahitkan namun gagal akibat bayi yang dilahirkan kekurangan kalsium sehingga menyebabkan kematian.

    “Alhamdulillah kali ini kami berhasil mengkonservasi pasangan induk harimau benggala putih hingga melahirkan,” jelas dokter Laily.

    Saat ini, bayi harimau benggala putih yang sudah berusia 4 bulan itu tumbuh dengan sehat. Untuk bayi harimau benggala putih berjenis kelamin jantan memiliki bobot lebih 4,5 kilogram. Flash hingga saat ini menjalani proses menyusui secara manual oleh petugas Maharani Zoo & Goa.

    “Induknya hanya mau menyusuinya selama satu minggu. Akhirnya kita inisiatif memberi susu secara manual dengan menggunakan susu import sebelumnya. Tapi sekarang sudah kami sesuaikan dengan susu sapi,” katanya.

    Setelah usia 4 bulan, bayi harimau ini menjalani proses pemberian susu dan makan serta menjemur setiap pagi selama satu jam sebagai masa pertumbuhan.

    Dipaparkan Laily, dengan adanya kelahiran Flas dari indukan harimau benggala putih menunjukkan bahwa pihaknya bersama management Maharani Zoo & Goa telah berhasil mengkonservasi beberapa hewan langka. Di mana program breeding loan ini berhasil membuahkan keturunan yang sehat.

    Saat ini tim medis dari Kebun Binatang Maharani Zoo & Goa fokus mengurus bayi harimau asli India itu. (Fer/Omdik)