Pemkab Trenggalek Raih Penghargaan Pembangunan Daerah

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi  Jawa Timur. Penghargaan bergengsi tersebut dalam bidang Perencanaan Pembangunan.

Hari ini pemerintah Kabupaten Tenggalek kembali menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten / Kota se  Provinsi Jawa Timur Tahun 2018. Penghargaan ini di berikan langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo di Kantor Gubernuran Gedung Grahadi Surabaya, Rabu, (18/4/2018).

Plt Bupati Trenggalek, H Mochammad Nur Arifin, sebenarnya telah optimisi jika penghargaan itu akan dituainya pasca proses tahapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)  Kabupaten Trenggalek telah dilaluinya dengan semangat tinggi dan sesuai jadwal yang direncanakan.

“Kami memang telah melaksanakan musrenbang sesuai jadwal yang telah digariskan utamnya dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Trenggalek,” katanya usai menerima anugerah tersebut.

Lebih dari itu, Moch Nur Arifin juga menjelaskan , berkaitan arahan dari narasumber yang sengaja didatangkan pemkab, seperti halnya wakil dari  Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi (Bapeprov) Jatim dan narasumber dari Badan Pengawasan , Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu, trus dijalankan hingga menuai penghargaan itu.

“Ini semua karena kita ikuti arahan propinsi sehingga kita dapat ini semua,”lanjutnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Trenggalek pada tahun ini berhasil mendapatkan penghargaan terbaik ke dua se Jawa Timur, dimana Tim penilai dari Bappeda Jatim datang ke Trenggalek sebagai tindak lanjut penilaian PPD 2018 itu.

“Mereka sudah mempelajari proses yang dijalankan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Trenggalek yang menjurus pada Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) berimplikasi pada kebijakan pemerintah pusat dan propinsi,” tuturnya.

Melihat setiap inovasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, pemerintah provinsi memaparkan di setiap OPD itu ditindak lanjuti, dan peninjauan ini dilakukan secara langsung.

“Pemerintah kita  harus lebih matang lagi dalam melaksanakan perencanaan daerah kabupaten, semakin baik dan berambisi menduduki peringkat pertama,” tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun, 5 kabupaten se Jawa Timur yang mendapat penghargaan  terbaik diantaranya, Kabupaten Banyuwangi, menduduki peringkat Satu lalu disusul  Kabupaten Trenggalek, sebagai peringkat kedua dan  Kabupaten Situbondo, Kota Blitar, serta Kota Pasuruan.

“Tahun depan, kita akan jadi nomor 1. Trenggalek, we did it!! ,“ pungkas Moch. Nur Arifin.(mil/ham)