Warga Binaan dan Pegawai Rutan Trenggalek Ikuti Pembinaan Kesadaran Bela Negara

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Ratusan warga binaan dan puluhan pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Trenggalek mengikuti pembinaan Kesadaran Bela Negara. Kegiatan tersebut untuk pembekalan dan karakter baik yang digelar oleh pihak Lapas dan bekerja sama dengan Kodim 0806 Trenggalek , Kamis (19/4).

Dandim 0806 Trenggalek Letkol INF Dodik Novianto mengatakan, kegiatan yang di selenggarakan pihak Rutan ini sangat efektif. Dengan demikian akan menjadi bekal bagi warga binaan tatkala mereka sudah bebas setelah menjalani masa hukuman.

“ Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini nantinya dapat di jadikan bekal bagi warga binaan Lapas. Mereka semua akan menyadari akan perbuatannya, sehingga tidak akan mengulangi lagi dan berbuat hal yang positif untuk bangsa dan negara,’’ucapnya.

Dijelaskan, selain warga binaan Lapas, kegiatan pembinaan juga di ikuti oleh pegawai Rutan. Pembinaan ini tujuannnya untuk pembekalan serta membentuk karakter yang bagus, sehingga akan muncul rasa kesadaran bela negara yang berguna bagi masyarakat sekelilingnya.

“ Kegiatan ini intinya untuk menekankan kesadaran terhadap warga binaan Lapas. Sehingga ketika nanti sudah bebas, mereka sudah memiliki bekal serta karakter rasa kesadaran bela negara dan tidak mengulangi perbuatannya yang melawan hukum,’’ tandasnya.

Sementara Gulang Rinanto Kepala Satuan Pengamanan Rutan Kelas IIB Trenggalek mengatakan, kegiatan ini sengaja di gelar untuk menanamkan sekaligus membentuk karakter baik, yang  nantinya akan berguna bagi bangsa dan negara.

“ Pembinaan kesadaran bela negara ini tidak hanya di ikuti warga binaan saja, namun juga para pegawai Rutan dan diharapkan mereka semua bisa menerapkannya dengan baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara serta masyarakat sekitarnya,’’pungkasnya. (sup/ham)