Server Korlantas Polri Eror, Pembuatan SIM Baru Ke Daerah Terkendala

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM: Kerusakan server dari Korlantas Mabes Polri sejak lima hari terakhir, nampaknya telah membuat proses online pembuatan  Surat Ijin Mengemudi (SIM) menjadi terhambat hingga ke seluruh daerah kabupaten/kota. Hal tersebut, kini sangat dirasakan oleh pemohon baru di Satlantas Polres Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Menurut Ahmad, salah seorang pemohon pembuatan SIM baru mengatakan, dirinya harus rela sabar menunggu sekian waktu untuk bisa memdapatkan kartu SIM yang dimohon di Satlantas Polres Pamekasan. Pasalnya, hal itu juga akan berlaku bagi semua pemohon baru sebelum server yang eror dari pusat tersebut kembali normal.

“Informasi terjadi eror atau kerusakan server dari Korlantas Mabes Polri itu kami dapatkan dari pihak Satlantas Polres Pamekasan, dan kami dihimbau untuk bersabar,” kata Ahmat, salah seorang pemohon pembuatan SIM baru.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kalantas) Polres Pamekasan, AKP Yudhiono, saat dikonfirmasi Via WhatApp oleh media kanalindonesia.com, membenarkan tentang adanya informasi tersebut.

“Untuk pemohon pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM), sedang ada gangguan dari pusat. Untuk sementara, kami harap para pemohon agar bersabar, sebab server yang eror baru hari tadi kembali normal seperti sediakala,” Harap AKP Yudhiono, Kasat Lantas Polres Pamekasan.

Yudhiono menambahkan, sejak terjadinnya server eror, untuk proses pengurusan SIM tetap dilakukan secara manual, dan tetap dilakukan pendaftaran sesuai prosdur. Baik pengambilan gambar, ataupun foto serta sidik jari pemohon tetap disimpan dan tinggal pemohon menunggu ujian teori dan praktek.

Sementara untuk percetakan SIM asli, saat ini pihaknya sedang kebut percetakan agar semua SIM milik pemohon yang kemarin terkendala server eror bisa tercetak semuanya. (Ifa/Nang).